Kompas.com - 04/07/2022, 13:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, semua kasus Covid-19 yang ada di DKI Jakarta merupakan kasus Covid-19 dengan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Budi menuturkan, subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 juga menjadi subvarian yang mendominasi dari kasus Covid-19 di Indonesia.

"Sekarang di Indonesia BA.4 BA.5 tuh sudah lebih dari 80 persen dari varian yang kita genome equence, bahkan untuk di DKI Jakarta sudah 100 persen itu adalah varian BA.4 BA.5," kata Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Baca juga: Pemerintah dan Masyarakat Diminta Waspadai Subvarian Baru Omicron BA.2.75

Budi menuturkan, kasus Covid-19 subvarian BA.4 dan BA.5 pun diprediksi bakal terus bertambah dan dapat mencapai puncaknya dalam satu 1-2 minggu ke depan.

Tetapi, menurut Budi, situasi penyebaran subvarian BA.4 dan BA.5 di Indonesia relatif jauh lebih baik dibandingkan negara-negara lain yang terburu-buru mengendurkan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19.

"Karena relatif para masyarakat Indonesia itu lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan juga dalam melaksanakan vaksinasi," ujar Budi.

Baca juga: Dinkes Depok Laporkan 2 Kasus Baru Subvarian Omicron BA.5 di Sawangan dan Cinere

Ia menyebutkan, berdasarkan survei serologi pada bulan Maret 2022 lali, 99 persen populasi Indonesia sudah memiliki antibodi di level 3.000 sampai 4.000.

Oleh karena itu, Budi kembali mengimbau masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan, salah satunya tetap mengenakan masker saat di dalam ruangan.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mengikuti vaskinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster demi meningkatkan kadar antibodi di dalam tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.