Kompas.com - 02/07/2022, 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus didapuk sebagai penerima kategori Polisi Berintegritas Hoegeng Award 2022.

Eks Direktur Pengaduan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini dinilai sebagai sosok yang antisuap.

“Ternyata masih ada polisi-polisi yang kemudian berdasarkan informasi dari masyarakat yang kemudian layak untuk mendapatkan, nominasi atau penilaian untuk layak mendapatkan label sebagai penerus semangat Hoegeng-Hoegeng baru,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di acara Hoegeng Award, The Tribata Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Selain Wiyagus, ada 2 polisi lain yang mendapatkan penghargaan di tengah Hari Bhayangkara ke-76 ini.

Baca juga: Profil 3 Polisi Penerima Hoegeng Awards 2022

 

Pertama, Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah dengan kategori Polisi Berdedikasi.

Kedua, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto dengan kategori Polisi Inovatif.

Rohimah mendapatkan kategori tersebut karena berhasil membuat program Geserin atau gerakan seribu koin untuk membantu memberikan sembako kepada para warga yang kurang mampu di wilayahnya sejak tahun 2017.

“Dari koin 50 perak, 100 perak, 200 perak itu saya kumpulin, kadang-kadang teman memberikan sumbangsih. Setelah itu saya isolasiin dan saya belanjakan sembako. Sembakonya saya berikan ke warga yang membutuhkan,” tutur Rohimah. 

Sementara Eko menerapkan noken atau tas asli Papua sebagai alat untuk menampung setiap saran, permintaan, hingga keluhan warga setempat.

“Kemasan binmas noken ini menjadi fasilitas untuk membangun interaksi masyarakat antara Polri dan rakyat Papua,” kata Eko.

Baca juga: Hari Bhayangkara ke-76, Polwan hingga Kapolda Terima Hoegeng Award 2022

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.