Kompas.com - 19/06/2022, 10:35 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan, dari total anggaran KPU tahun 2022 yang sebesar Rp 8,06 triliun, baru Rp 2,4 triliun yang sudah cair atau teralokasi di dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

Artinya, hingga saat ini, anggaran KPU yang belum cair sebesar Rp 5,6 triliun.

Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat menjelaskan, kekurangan anggaran tersebut telah dibahas dalam berbagai rapat dengar pendapat (RDP) dan konsinyering dengan Komisi II DPR.

Adapun ia mengungkapkan, anggaran KPU tahun ini belum dialokasikan secara penuh lantaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih menunggu penetapan Peraturan KPU (PKPU) Tahapan Pemilu 2024.

Baca juga: Upgrade Sipol untuk Partai, KPU Jamin Keamanan Data Pribadi

"Setelah penetapan PKPU No. 3/2022 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024, Kemenkeu akan membahas kekurangan anggaran tersebut," jelas Yulianto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/6/2022).

Untuk mencairkan anggaran tersebut, KPU akan mengajukan permintaan anggaran tambahan Tahun Anggaran (TA) 2022 kepada Menteri Keuangan berdasarkan pada persetujuan dari Komisi II dan Banggar DPR RI.

Selanjutnya, bila pengajuan anggaran tambahan tersebut disetujui, maka dilakukan pembahasan antara Setjen KPU dan Dirjen Anggaran Kemenkeu terhadap detil anggaran tambahan.

Dari hasil pembahasan tersebut, maka akan dilakukan penambahan anggaran melalui anggaran Bendahara Umum Negara (BUN) kepada DIPA KPU 2022.

Baca juga: KPU Sebut Ada 1,7 Juta Daftar Pemilih Tetap di Jakarta Barat

"Terkait waktu kapan dapat dilakukan penelaan/pembahasan dengan Dirjen Anggaran Kemenkeu (DJA), tergantung persetujuan Menkeu untuk membahas," ujar Yulianto.

Ia pun menjelaskan, total kebutuhan anggaran KPU RI tahun 2022 sebesar Rp 8,06 triliun tersebut dialokasikan untuk KPU Pusat sebesar Rp 0,9 triliun, KPU Provinsi yang terdiri adari 34 satuan kerja sebesar Rp 1,3 triliun, dan KPU Kabupaten/Kota yang terdiri dari 514 satuan kerja sebesar Rp 5,7 triliun.

Adapun total keseluruhan anggaran untuk persiapan hingga penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang sebesar Rp 76,6 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.