Kompas.com - 07/05/2022, 21:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga mencatat ada 1,2 juta kendaraan yang belum kembali ke Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) hingga Jumat (6/5/2022) kemarin.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, angka tersebut merupakan 60 persen dari total kendaraan yang meninggalkan Jabotabek pada periode H-10 sampai dengan hari-H Lebaran lalu yang sebanyak 2 juta kendaraan.

"Hingga kemarin, kami mencatat baru sekitar 815.000 kendaraan yang kembali ke Jabotabek, yang berarti masih ada sekitar 60 persen atau 1,2 juta kendaraan yang belum kembali,” kata Heru dalam siaran pers, Sabtu (7/5/2022).

Baca juga: 46.902 Kendaraan Balik ke Jawa via GT Bakauheni Tol Trans-Sumatera

Berkaca dari masih banyaknya pemudik yang belum kembali, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk kembali mengatur perjalanan.

Jasa Marga memprediksi, Minggu (8/5/2022) esok masih menjadi puncak arus balik di mana akan ada sekitar 269.000 kendaraan yang kembali ke Jabotabek.

"Sejak kemarin, kami mengimbau masyarakat untuk tidak pulang di puncak arus balik besok. Kami berharap dengan adanya kebijakan perpanjangan libur anak sekolah hingga 12 Mei 2022, maka lalu lintas sebesar 60 persen yang belum kembali tadi bisa terdistribusi hingga pekan depan," ujar Heru.

Baca juga: H+5 Lebaran, Volume Kendaraan Saat Arus Balik di Kawasan Nagreg Meningkat, Puncaknya Diprediksi Malam Hari

Akan tetapi, jika pemudik tetap memilih pulang besok, pengguna jalan diharapkan dapat bersabar karena jumlah kendaraan yang bergerak menuju Jabotabek akan luar biasa.

Sebelumnya, imbauan agar pemudik menunda kepulangan ke Jabotabek telah disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar perjalanan balik tidak menyita waktu para pemudik.

"Jangan lakukan hari ini dan besok (perjalanan), kalau bisa ditunda hari Senin. Sekali lagi ditunda hari Senin atau hari Selasa karena bagi yang kerja, para pekerja ajukan cuti, yang kedua anak-anak kita di Jabodetabek boleh libur," kata Budi saat memantau arus balik Lebaran di Pelabuhan Panjang, Lampung, disiarkan Kompas TV, Sabtu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.