Kompas.com - 20/04/2022, 21:00 WIB

 


KOMPAS.com – Tanggal 21 April 2022 jatuh pada hari Kamis. Di Indonesia, hari ini dirayakan sebagai Hari Kartini.

Selain itu, ada juga beberapa hari penting lain yang diperingati di berbagai negara hari ini. Berikut peringatan dan perayaan yang jatuh pada 21 April 2022.

Hari Kartini

Raden Ajeng Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional pada 2 Mei 1964.

Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. Tanggal lahirnya kemudian ditetapkan sebagai Hari Kartini dan diperingati setiap tahun hingga kini.

RA Kartini dikenal sebagai pejuang emansipasi perempuan. Perjuangannya banyak diketahui melalui surat-surat yang ia kirimkan kepada para sahabatnya.

Peringatan Hari Kartini dibuat untuk menghormati jasa-jasanya dalam memperjuangkan emansipasi perempuan Indonesia.

Hari Kreativitas dan Inovasi Sedunia

Hari Kreativitas dan Inovasi Sedunia dirayakan secara global setiap 21 April. Hari ini dideklarasikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan telah dirayakan sejak 2018.

Tujuannya adalah untuk mendorong pemikiran kreatif dan inovasi yang bermanfaat pada individu maupun kelompok masyarakat dalam setiap bidang kehidupan.

Selain itu, adanya Hari Kreativitas dan Inovasi Sedunia juga diharap dapat mendorong semua orang untuk mempelajari hal-hal baru tentang dunia dan menemukan cara baru untuk memecahkan masalah.

Tiradentes Day

Tiradentes Day merupakan hari penting di Brasil yang dirayakan setiap 21 April.

Joaquim Jose da Silva Xavier atau Tiradentes adalah seorang dokter gigi yang berjasa mengorganisir gerakan revolusioner yang memperjuangkan kemerdekaan Brasil dari kekuasaan Portugis pada tahun 1789.

Ia kemudian digantung di Rio de Janeiro, di alun-alun yang sekarang dikenal sebagai Praca Tiradentes, pada 21 April 1792.

Tiga puluh tahun kemudian, Brasil menerima kemerdekaannya dan Tiradentes ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Hari kematiannya pun ditetapkan sebagai hari nasional di negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.