Jelang Moto GP Mandalika, Sandiaga: Hingga 14 Maret, Masih Tersedia 6.492 Kamar untuk Wisatawan

Kompas.com - 16/03/2022, 12:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, masih ada 6.492 kamar penginapan yang bisa digunakan oleh wisatawan yang ingin menyaksikan MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, hingga Senin (14/3/2022).

"Kami pastikan per 14 maret masih tersedia 6.492 kamar dari total kamar yang tersedia dan sudah terisi sebanyak 11.244 kamar," kata Sandiaga dalam rapat dengan Komisi X DPR, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Turis Rusia di Bali Susah Ambil Uang di ATM, Sandiaga: Akan Kami Bantu

Sandiaga menuturkan, mayoritas kamar yang masih tersedia itu berada di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air (Gili Tramena) yang lokasinya terpisah dari Pulau Lombok.

Namun, menurut Sandiaga, menginap di gili justru dapat memberikan sensasi tersendiri yakni dengan berkemah di tengah suasana menjelang MotoGP.

"Kami berencana akan menginap di gili dan ikut mencoba merasakan sensasi glamping di hari-hari menjelang MotoGP," ujar Sandiaga.

Baca juga: Warga Masih Padati Area Hotel Kempinski untuk Saksikan Pebalap MotoGP

Ia melanjutkan, Kemenparekraf juga menyediakan paket akomodasi dan atraksi yang sudah laku 1.544 tiket, di mana akomodasinya terdiri dari hotel, homestay, perumahan klaster, tinggal di kapal, maupun hotel di Bali.

Selain soal akomodasi, Sandiaga juga mengungkapkan bahwa banyak tiket transportasi udara menuju Lombok yang sudah habis menjelang penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

"Dari angkutan laut masih sebagian tersedia dari empat jalur pelintasan laut, kapal ke Pulau Lombok dari Pulau Jawa, Bali, Sumbawa dan Kalimantan, dan dari darat ada 188 armada shuttle bus dan 278 armada bus," ujar Sandiaga.

Baca juga: Jokowi: Target Penjualan 60 Ribu Tiket MotoGP Mandalika Terjual Semua

Sebagaimana diketahui, rangkaian MotoGP Mandalika 2022 yang memiliki nama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia segera berlangsung pada akhir pekan ini, tepatnya 18-20 Maret.

Sebelumnya, Indonesia kali terakhir menjadi tuan rumah balap Grand Prix pada 1997. Kala itu, balapan berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, dengan nama resmi Marlboro Indonesia Grand Prix.

Kini, setelah penantian 25 tahun, balapan Grand Prix kembali digelar di Tanah Air dengan mengambil venue baru, yakni Sirkuit Mandalika atau yang bernama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.