Kompas.com - 16/03/2022, 12:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memenuhi undangan pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Élysée Palace, Paris, Prancis, Selasa (15/3/2022)) waktu setempat.

Pertemuan ini membahas hubungan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Prancis.

Salah satunya membahas kelanjutan rencana pembelian jet tempur generasi 4.5 Rafale dan kapal selam Scorpene.

“(Dalam) pertemuan tersebut dibahas mengenai kelanjutan rencana pembelian pesawat jet Rafale dan kapal selam Scorpene dari Prancis yang telah disepakati kedua negara pada 10 Februari lalu dengan disaksikan oleh menhan kedua negara di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta,” demikian keterangan tertulis Biro Humas Sekretaris Jenderal Kemenhan, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Prabowo Bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron, Ada Apa?

Dalam kesepakatan di Jakarta, Indonesia dan Prancis juga menyepakati MoU kerja sama Program Offset dan ToT (Transfer of Technology) antara Dassault Aviation dan PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Kemudian MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group dan kerja sama pembuatan munisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.

Diketahui, Prabowo berencana memborong 42 jet tempur Rafale. Enam di antaranya telah resmi diakuisisi.

Sedangkan 36 jet tempur Rafale diklaim akan segera menyusul dalam waktu dekat.

Selain itu, Prabowo juga berencana membeli dua kapal selam Scorpene asal Perancis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.