Kompas.com - 07/02/2022, 19:19 WIB

JAKARTA - KOMPAS.com - Video pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada 2 Februari 2022 lalu menjadi perbincangan. Penyebabnya adalah Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terekam kamera sedang menerima telepon saat Presiden Jokowi memberi sambutan.

Peristiwa itu terjadi saat Jokowi berpidato dalam dalam peresmian kawasan Pelabuhan Ajibata di Kabupaten Toba.

Video itu salah satunya dibagikan akun ini di grup Facebook E100, pada Sabtu (6/2/2022). Sikap Luhut saat itu pun menuai komentar warganet.

"Mungkin yang dibicarakan Luhut lebih penting," demikian narasi yang dituliskan pemilik akun.

Baca juga: Pemerintah Akan Siapkan Penginapan Nakes di Dekat RS, Luhut: Kita Proteksi Kesehatannya

Dalam video berdurasi 33 detik itu, Luhut tampak berdiri di belakang Jokowi bersama jajaran menteri lainnya, seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menparekraf Sandiaga Uno. Video peresmian itu juga ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden.

Sejumlah warganet mengomentari sikap Luhut yang tetap menerima telepon ketika Presiden Jokowi tengah berpidato.

Juru bicara Luhut, Jodi Mahardi menyebut, saat itu Luhut sedang menerima telepon dari Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin tepat saat Jokowi memberi sambutan. Kepada Luhut, Budi menyampaikan kabar perkembangan kondisi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia yang cukup signifikan.

Jodi juga mengatakan, ada dua laporan yang diterima Luhut saat itu, yakni soal pembelajaran tatap muka (PTM) dan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

Baca juga: Luhut Jelaskan 6 Kebijakan Pemerintah Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19

"Dari keterangan Pak Menko, beliau menyampaikan bahwa saat itu beliau sedang menerima telepon dari Menkes yang sedang meng-update kondisi lonjakan kasus yang cukup signifikan. Dalam laporan tersebut beliau menerima 2 laporan setidaknya, yakni soal PTM dan evaluasi Jawa Bali," ujar Jodi, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/2/2022).

Jodi mengatakan, hal tersebut harus dilakukan Luhut agar informasi mengenai kasus Covid-19 segera bisa dilaporkan kepada Presiden untuk diambil langkah-langkah mitigasi yang cepat. Sebab pada saat itu Luhut tengah mendampingi kegiatan Jokowi.

"Hal ini penting dilakukan sebagai bagian langkah crisis management penanganan pandemi yang harus dilakukan dengan cepat dan terukur," tandas Jodi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.