Danjen Kopassus Tegaskan Eggi Sudjana Bukan Bagian Korps Baret Merah

Kompas.com - 28/01/2022, 11:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen Teguh Muji Angkasa menegaskan Eggi Sudjana bukan warga Korps Baret Merah.

Hal itu disampaikan Teguh menanggapi kabar bahwa Eggi mengklaim dirinya adalah penasihat Forum Komunikasi Keluarga Purnawirawan Baret Merah (FKKPBM) yang disiarkan di akun YouTube-nya "EGGI SUDJANA".

Teguh menyatakan, Eggi sama sekali tidak pernah ada kontribusi kepada satuan Kopassus.

"Saya tegaskan bahwa saudara Eggi Sudjana bukan Warga Korps Baret Merah dan yang bersangkutan tidak pernah ada kontribusi kepada satuan Kopassus," tegas Teguh dalam keterangan tertulis, Jumat (28/1/2022).

Baca juga: Ini Ucapan yang Bikin Eggi Sudjana dan Bahar bin Smith Dilaporkan ke Polisi

Teguh menuturkan bahwa Kopassus tidak ada kaitannya dengan yang bersangkutan.

Ia menjelaskan, setiap Danjen Kopassus mempunyai tanggung jawab sebagai pembina Korps Baret Merah.

"Adapun yang dimaksud warga Korps Baret Merah adalah seluruh prajurit Kopassus baik yang masih dinas aktif maupun yang sudah purnawirawan," jelas jenderal bintang dua abituren Akmil 1989 itu.

Teguh menjelaskan, Kopassus sebelumnya beberapa kali melakukan pertemuan dengan Ketua Umum FKKPBM Mayjen (Purn) H Heros Paduppai beserta pengurusnya.

Baca juga: Eggi Sudjana: Kalau 100 Hari Prabowo Tak Ada Action, maka Omdo!

Hal ini dilakukan guna membahas tentang pernyataan saudara Eggi Sudjana yang diunggah di akun Youtube-nya.

Dalam video itu, Eggi menyampaikan pernyataan di depan massa yang mengenakan baret merah. Dalam kesempatan itu, ia menyebutkan, FKKPBM merupakan jantung Indonesia.

"Lewat jantung, karena ini di Cijantung. Inilah jantung Indonesia, siapa itu? FKKPBM. Itulah jantung Indonesia, pasukan baret merah. Allah Akbar," ujar Eggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.