BNPT Sebut Indeks Risiko Terorisme 2021 Lebih Baik dari Target RPJMN

Kompas.com - 25/01/2022, 12:11 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar mengungkapkan, indeks risiko terorisme pada tahun 2021 sudah lebih baik atau berada di bawah target yang ditetapkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Ia menuturkan, indeks risiko terorisme pada dimensi target pada 2021 berada di angka 52,22 persen, di bawah target yang tercantum pada RJMN yakni 54,36 persen.

Baca juga: Kepala BNPT: Ada Ratusan Anak WNI di Kamp Pengungsian Suriah dan Irak

"Hasil dari survei yang dilaksanakan terjadi penurunan, di mana capaian indeks risiko terorisme pada dimensi target mencapai 52,22 persen dari target 54,36 persen," kata Boy dalam rapat dengan Komisi III DPR, Selasa (25/1/2022).

Boy melanjutkan, indeks risiko terorisme dari dimensi pelaku juga berada di angka 30,29 persen, lebih rendah dari target RPJMN 38,14 persen.

Menurut Boy, angka-angka tersebut merupakan sebuah hal yang menggembirakan sekaligus menjadi tantangan untuk terus menurunkan indeks risiko terorisme.

Baca juga: Jadi Calon Pangkostrad, I Nyoman Cantiasa Eks Danjen Kopassus yang Janji Hancurkan Teroris Papua

"Sehingga diharapkan kondisi aman dan nyaman terbebeaskan dari ancaman terorisme ini semakin dirasakan oleh masyarakat kita," ujar Boy.

Adapun indeks risiko terorisme disusun dari hasil penelitian yang dilakukan BNPT bersama sejumlah lembaga antara lain Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Agama, Pusat Kajian UI, The Nusa Institute, serta Alvara Research Center.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.