Kompas.com - 22/01/2022, 11:16 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Dua satuan baru TNI, yaitu Komando Armada (Koarmada) TNI Angkatan Laut (AL) dan Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) TNI Angkatan Udara (AU) resmi dibentuk.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Prantara Santosa melalui keterangan tertulis, Sabtu (22/1/2022).

Prantara mengatakan, dua komandan satuan baru pun telah dipilih Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, berdasarkan Keputusan nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Rencana Pembentukan Koarmada RI hingga Koopsau Nasional, Ini Posisi Pati yang Dibutuhkan

“Pangkoarmada dijabat Laksdya TNI Agung Prasetiawan dan Pangkoopsudnas dijabat Marsdya TNI Andyawan Martono,” sebut Prantara.

Dalam keputusan itu, juga terdapat 328 Perwira TNI yang mendapatkan jabatan baru.

“(Sejumlah) 28 di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI,” kata Prantara.

Prantara menjelaskan, pembentukan satuan baru itu berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Baca juga: Sukses Jalani Inspeksi Komodor, KRI Cakra-401 Segera Perkuat Koarmada II TNI AL

Dalam Perpres itu juga disebutkan adanya tiga satuan baru TNI yang lain, yaitu Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

Dalam keterangan yang sama juga diberitahukan bahwa Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) yang baru.

Menantu Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar ini menggantikan Panglima TNI Dadang Abdurachman yang didapuk sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.