Menlu Retno Dorong Investasi Global untuk Pemerataan Akses Vaksinasi

Kompas.com - 20/01/2022, 05:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mendorong investasi global demi pemerataan akses vaksinasi, agar dunia segera pulih dari pandemi Covid-19.

“Tahun 2022 harus jadi tahun pemulihan dan vaksinasi adalah langkah pertama menuju tujuan itu,” ucap Retno dalam forum peluncuran Gavi Covax AMC 2022 Investment Opportunity, Rabu (19/1/2022) malam.

Gavi Covax AMC 2022 Investment Opportunity bertujuan untuk memobilisasi pendanaan untuk Covax, aliansi yang berfokus pada upaya menciptakan kesetaraan akses vaksin secara global dengan menyalurkan vaksin ke negara miskin dan berkembang secara cuma-cuma.

“Pandemi ini jauh dari usai. Varian Omicron mengingatkan kita, tidak seorang pun aman sampai semua orang aman. Kita perlu meningkatkan upaya global untuk menaklukkan Covid-19,” ujarnya.

Baca juga: Menlu: Vaksinasi Dosis Penuh 70 Persen Penduduk Ditargetkan Tercapai Pertengahan 2022

“Selaku co-chair Covax AMC EG (Engagement Group), saya menyerukan seluruh negara dan komunitas donor untuk mendukung Covax melalui kesempatan investasi ini. Ini bukan sekadar soal charity, melainkan kepentingan bersama untuk memastikan Covax dapat menuntaskan misinya,” jelas Retno.

Ia mengungkapkan bahwa Covax sudah berhasil menyalurkan 1 miliar vaksin Covid-19 ke seluruh dunia.

Pencapaian ini disebut tidak mudah karena dalam pelaksanaannya Covax dan dunia menghadapi banyak tantangan.

Hingga pada akhirnya, Covax dianggap mampu membuktikan bahwa kerja sama berbagai negara akhirnya dapat memberi manfaat nyata bagi warga dunia.

“Bagi banyak negara, Covax merupakan sarana andalan untuk memperoleh vaksin. Tanpa Covax, banyak negara mungkin tidak mampu memenuhi target vaksinasi yang ditetapkan WHO,” kata dia.

Baca juga: Jokowi Bertemu Menlu AS, Retno Marsudi: Indonesia Ingin Terlibat dalam Rantai Pasokan Bidang Kesehatan

Dalam forum ini, Retno menjadi salah satu dari beberapa narasumber lain. Hadir pula Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus; Ketua Dewan Gavi Jose Manuel Barroso; Direktur Eksekutif UNICEF, Henrietta Fore; dan sejumlah perwakilan negara lain.

Ia menambahkan, Indonesia juga akan mendorong pemulihan negara-negara miskin dan berkembang dari dampak pandemi Covid-19.

“Sebagai Chair G20 tahun 2022, Indonesia akan mendorong kerja sama global yang lebih kuat untuk mempercepat pemulihan bagi semua, termasuk negara berkembang dan negara miskin,” ujar Retno.

“Pulih bersama, pulih lebih kuat,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.