Kakorlantas: Tak Ada Penutupan Tol Jagorawi di Malam Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2021, 18:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas), Irjen Pol Firman Santyabudi menegaskan tidak ada penutupan akses jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) ke arah Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada momen libur Tahun Baru 2022.

"Tidak ada penutupan jalan di (Tol) Jagorawi, semua kegiatan titik-titik berada di kebijakasanaan-kebijaksanaan di daerah yang masing-masing tentunya berbeda," kata Firman di Jalan Simpang Gadog, Puncak Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/12/2021), seperti dikutip dari Kompas TV.

Firman menjelaskan, sejak awal pihaknya tidak pernah membuat kebijakan penyekatan atau penutupan jalan di periode Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Baca juga: Akses Tol Jagorawi ke Arah Puncak Diwacanakan Akan Ditutup 31 Desember 2021

Menurut dia, selama ini Polri hanya membuat pos pengamanan dan pos pelayanan di sejumlah titik jalan.

"Dari awal kegiatan kita ini kegiatan kemanusiaan dan penyadaran masyarakat, tidak ada kegiatan penyekatan dan sebagaunya, pos penyekatan juga tidak ada kita dengar selama kita operasi," ucap dia.

Adapun wacana penutupan akses jalan Tol Jagorawi pada saat Tahun Baru 2022 sebelumnya disampaikan oleh pihak Jasamarga.

Baca juga: Aturan Malam Tahun Baru 2022: Alun-alun Ditutup untuk Cegah Kerumunan

Menurut General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Tri Wahyu Subekti, penutupan akses ini sebagai salah satu upaya meningkatkan layanan Tol Jagorawi, yang saat ini masih menjadi jalur favorit pengguna jalan menuju ke Puncak/Bogor dan daerah wisata di sekitarnya.

Adapun penutupan akses ini akan dilakukan jika ada diskresi dari Kepolisian Resort (Polres) Bogor setelah kondisi volume lalu lintas mengalami kepadatan.

Baca juga: Fakta Pasien Omicron di Indonesia, Mayoritas Sudah Vaksinasi, Usia 40-49, hingga Ada Penggumpalan Darah

Selain itu juga sebagai antisipasi kepadatan arus lalu lintas dan pariwisata yang rutin terjadi setiap pergantian tahun.

Wacana penutupan akses Tol Jagorawi menuju Puncak akan dilakukan mulai tanggal 31 Desember 2021 pukul 16.00 WIB dan kembali dibuka pada tanggal 1 Januari 2022 pukul 06.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.