Kompas.com - 22/12/2021, 17:47 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengaku optimistis Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dapat menjadi partai besar di masa yang akan datang.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara puncak Hari Ulang Tahun ke-7 PSI yang ditayangkan akun YouTube Partai Solidaritas Indonesia, Rabu (22/12/2021).

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun Partai Solidaritas Indonesia yang ketujuh. Setelah melihat tadi, Sis Grace (Grace Natalie, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI) sama Bro Giring (Giring Ganesha, Ketua Umum PSI), saya optimistis PSI akan menjadi sebuah partai besar," kata Jokowi dalam sambutannya, Rabu.

Baca juga: HUT PSI, Giring Sanjung Jokowi: Presiden Terbaik dalam Sejarah Indonesia, Dihormati Pemimpin Dunia

Alasannya, Jokowi menilai PSI merupakan partai yang memiliki diferensiasi dibandingkan partai-partai lain. Selain itu, memiliki branding anak muda.

"Hati-hati di 2024 nanti pemilik suara hitungan terakhir 52 persen itu adalah anak-anak muda, pasarnya PSI," kata Jokowi.

Namun, Jokowi berpandangan, PSI memiliki pekerjaan rumah untuk memanfaatkan teknologi demi memfasilitasi aspirasi publik di akar rumput.

Jokowi mengaku senang ketika teknologi sudah digunakan oleh partai-partai politik untuk mengagregasi kepentingan-kepentingan masyarakat.

Baca juga: Di Depan Jokowi, Giring Sesumbar PSI Bakal Jadi Oposisi jika Capres yang Politisasi Agama Terpilih

"Saya melihat sebagai partai politik PSI memiliki peluang besar untuk berinovasi dalam ruang digital yang sekarang ini marak di mana-mana, termasuk berinovasi menawarkan ekosistem Indonesia yang lebih kompatibel dengan tuntuan zaman," ujar Jokowi.

Akan tetapi, Jokowi mengakui hingga kini belum ada platform teknologi buatan partai yang benar-benar masuk ke tengah masyarakat.

"Kalau platform dan aplikasinya betul-betul bisa masuk ke bawah, sekali lagi, melompatnya akan sangat cepat sekali," kata Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.