Tahan Tangis, Mensos Risma: Jangan Pandang Rendah Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 02/12/2021, 22:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara lelang lukisan anak-anak penyandang disabilitas sebagai rangkaian acara peringatan Hari Disabilitas Internasional diwarnai haru dengan tangisan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Sambil menahan tangisannya, Rismaharini meminta para peserta lelang lukisan tidak memandang rendah penyandang disabilitas.

"Jangan pandang rendah mereka, minimal itu, jangan, jangan pandang rendah mereka," kata Risma sambil menahan tangisannya saat memberikan sambutan di acara lelang lukisan di Kementerian Sosial (Kemensos), Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Mensos: Teknologi Bisa Kurangi Ketergantungan Penyandang Disabilitas dengan Orang Lain

Risma, sapaannya, mengatakan penyandang disabilitas juga ciptaan Tuhan yang diciptakan sempurna.

Hanya saja, banyak orang tidak melihat kesempurnaan yang diberikan Tuhan kepada mereka.

"Tolong lihat mereka, seperti tadi yang saya sampaikan, di balik kekurangan Tuhan pasti memberikan kelebihan bagi mereka," ucapnya.

Mantan Wali Kota Surabaya ini pun mengajak semua pihak membantu disabilitas. Risma juga rela melakukan apa pun demi membantu mereka berhasil.

"Saya mohon support untuk mereka. Apa pun saya akan lakukan meskipun harus mencium kaki bapak ibu sekalian satu persatu di sini. saya akan lakukan demi mereka bisa bertahan. Demi mereka bisa survive dan bisa berhasil," ungkapnya.

Baca juga: Mensos Ingatkan Guru Ajarkan Siswa Tak Bully Penyandang Disabilitas

Ia menuturkan, ukuran kesuksesannya sebagai menteri adalah jika bisa membuat penyandang disabilitas menjadi sukses.

"Saya akan sangat mrasa bahwa saya berhasil jadi menteri sosial saat suatu Gading (salah satu anak penyandang disabilitas) dan anak-anak lain berhasil. Itulah menurut saya keberhasilan saya sebagai menteri, bukan penghargaan," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.