Bacakan Pleidoi, RJ Lino Mengaku Ditanya Cucu "Apa Benar Opa Akan Ditangkap karena Koruptor?"

Kompas.com - 18/11/2021, 20:08 WIB
Terdakwa dugaan korupsi pengadaan quay container crane (QCC) di PT Pelindo II tahun 2010, RJ Lino setelah menghadiri sidang tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (11/11/2021). Tatang Guritno / Kompas.comTerdakwa dugaan korupsi pengadaan quay container crane (QCC) di PT Pelindo II tahun 2010, RJ Lino setelah menghadiri sidang tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (11/11/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Richard Joost Lino atau RJ Lino membacakan nota pembelaan atau pleidoi dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (18/11/2021).

RJ Lino merupakan terdakwa dugaan korupsi pengadaan quay container crane (QCC) di Pelindo II tahun 2010.

Mulanya, RJ Lino mengaku keluarganya terdampak karena ia ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2015.

“Hati saya mati perlahan, istri dan anak-anak menderita karena status tersebut, ketemu teman-teman maupun famili sendiri malu dan terpaksa berhenti dari aktivitas sosial,” kata RJ Lino dalam.

Baca juga: Berbagai Fakta dalam Sidang RJ Lino, Dituntut 6 Tahun Penjara hingga Doakan Jaksa

Kala itu, RJ Lino telah menyiapkan diri jika akan langsung ditahan oleh KPK.

Namun, dalam pemeriksaan di tahun 2015 tersebut, lembaga antirasuah itu tidak menahannya. 

RJ Lino kemudian menceritakan bahwa ia mulai terbiasa dengan ketidakjelasan statusnya itu.

Bahkan, beberapa koleganya mengatakan bahwa kasus ini hanya karena unsur politis.

“Semula saya tidak ambil pusing dengan kasus ini, toh banyak teman-teman saya yang percaya saya, dan tidak percaya saya koruptor,” ucap dia.

Saat membacakan pleidoi, RJ Lino nampak emosional dan menahan tangis ketika mengungkapkan pada majelis hakim bahwa suatu ketika cucunya mengajukan pertanyaan padanya terkait status hukum itu. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.