Kompas.com - 20/09/2021, 22:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pelaksanaan tes Covid-19 dari hasil pelacakan kontak erat (tracing) hanya mencapai 50 persen.

Padahal, kata Budi, angka tracing yang dilakukan TNI-Polri mengalami peningkatan dengan rata-rata 10 orang kontak erat per kasus konfirmasi positif Covid-19.

"Yang dilacak (orang kontak erat) masih 50 persen yang mau dites, memang PR kita kemudian adalah orang yang dilacak itu harus dites kalau enggak, enggak ada gunanya juga dia dilacak," kata Budi dalam konferensi pers secara virtual terkait perpanjangan PPKM Level 2-4, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Menkes Sebut Testing Covid-19 Capai 4 Kali Lipat dari Standar WHO

Budi mengungkapkan, sebagian besar orang kontak erat tersebut merasa takut dites karena khawatir mengetahui dirinya telah terpapar Covid-19.

Untuk itu, ia meminta masyarakat tak perlu khawatir jika diketahui positif Covid-19, karena semakin cepat penyakit tersebut diketahui, penanganannya bakal lebih cepat.

"Saya bilang lebih baik ketahuan (positif Covid-19), enggak apa-apa juga kok, penyakit ini kan 80 persen enggak perlu masuk rumah sakit, yang masuk rumah sakit mungkin hampir 80-90 persennya sembuh," ujarnya.

Baca juga: Perkuat Pelacakan Kasus Covid-19, Kemenkes Gunakan Survei Seroprevalensi

Lebih lanjut, Budi mengatakan, pelaksanaan tracing kasus Covid-19 harus terus ditingkatkan agar masyarakat dan pemerintah lebih siap menghadapi gelombang ketiga atau justru endemi Covid-19.

"Karena dengan tracingnya yang baik, kita bisa dengan cepat melakukan analisis atau micro lockdown di mana yang harus kita lakukan, tidak usah dalam skala besar," ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.