Kementerian PPPA Sebut Keluarga Miliki Peran Penting Persiapkan PTM Anak

Kompas.com - 20/09/2021, 11:53 WIB
Siswa SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar mengikuti pembelajaran tatap muka Kamis pekan lalu (9/9/2021) KOMPAS.COM/ASIP HASANISiswa SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar mengikuti pembelajaran tatap muka Kamis pekan lalu (9/9/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Indra Gunawan mengatakan, keluarga merupakan garda terdepan dalam mempersiapkan proses pembelajaran tatap muka (PTM) pada anak sekolah.

“Keluarga memiliki peran sangat penting dalam mempersiapkan proses pembelajaran tatap muka pada anak yang sudah mulai dilakukan saat ini, mengingat pengasuhan anak dimulai dari keluarga," ujar Indra dikutip dari siaran pers, Senin (20/9/2021).

Indra mengatakan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan diterapkannya 5 SIAP, yakni SIAP anak, SIAP keluarga, SIAP satuan pendidikan (sekolah), SIAP infrastruktur, serta SIAP pemerintah daerah dan masyarakat.

Baca juga: Kota Banjarmasin Mulai Gelar PTM Terbatas, Siswa yang Sakit Dilarang ke Sekolah

Termasuk juga memastikan terpenuhinya gizi anak dengan baik demi menjaga imunitas anak agar terhindar dari infeksi penyakit, termasuk Covid-19.

Menurut dia, 5 SIAP harus dijadikan pedoman dalam melakukan uji coba pembelajaran tatap muka.

"Dan harus benar-benar disiapkan, terutama oleh keluarga sebagai pilar utama dalam menyiapkan dan menerapkan protokol kesehatan anak," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Peran ibu dan ayah sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak sangatlah penting dalam menekankan anak untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat saat pelaksanaan PTM di sekolah," lanjut Indra.

Antara lain dengan mengingatkan anak supaya tidak melepas masker selama di sekolah, menjaga jarak, sering mencuci tangan, dan beberapa protokol kesehatan lainnya.

Baca juga: Dukung PTM Terbatas, Orangtua Murid di Bekasi Sumbang Disinfektan ke Sekolah

Di samping itu, Indra juga menambahkan pentingnya memenuhi gizi anak agar tercukupi untuk menjaga imunitas tubuh.

Dengan demikian, maka anak akan lebih tahan dan tidak mudah terpapar penyakit, termasuk Covid-19.

Adapun saat ini sejumlah sekolah di beberapa daerah telah melaksanakan PTM terbatas sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 (empat) Menteri.

Di dalam aturan tersebut, terdapat persyaratan ketat dalam melaksanakan PTM, di antaranya mewajibkan sekolah memenuh daftar periksa kesiapan dan menekankan izin orangtua sebagai syarat utama anak-anak kembali ke sekolah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.