Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NASIONAL] Menyoal Wacana Vaksin Booster Berbayar | 9 Vaksin Covid-19 yang Dapat Izin Penggunaan dari BPOM

Kompas.com - 10/09/2021, 09:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali mewacanakan vaksin Covid-19 berbayar. Rencananya vaksin yang dikenakan bayaran ialah vaksin dosis ketiga atau vaksin booster.

Namun wacana vaksin booster berbayar menuai polemik karena jumlah orang yang mendapatkan vaksin reguler masih sedikit. Selain itu realisasi program vaksinasi Covid-19 antardaerah juga belum merata.

Artikel yang berisikan tentang persoalan vaksin booster berbayar pun menarik minat para pembaca Kompas.com. Artikel tersebut pun menjadi berita terpopuler nasional.

Kemudian, informasi mengenai merek-merek vaksin yang telah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga menarik minat pembaca Kompas.com.

Berdasarkan catatan Kompas.com, ada sembilan merek vaksin Covid-19 yang telah mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM.

Artikel yang berisikan tentang sembilan merek vaksin yang telah disetujui BPOM untuk digunakan secara darurat pun masuk ke dalam deretan berita populer nasional.

Berikut paparannya:

1. Menyoal Wacana Vaksin Booster Berbayar

Wacana pemberian vaksin dosis ketiga atau booster untuk masyarakat menimbulkan polemik baru di tengah masyarakat.

Pasalnya, di Indonesia, suntikan vaksin Covid-19 belum mencapai herd immunity, bahkan belum mencapai 20 persen target masyarakat yang divaksinasi dosis lengkap.

Namun, pemerintah sudah mengambil ancang-ancang untuk membuat program booster berbayar.

Selengkapnya baca: Wacana Vaksin Booster Berbayar, Apakah Perlu dan Etis?

2. 9 Vaksin Covid-19 yang Dapat Izin Penggunaan dari BPOM

Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM kembali mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk dua jenis vaksin Covid-19 di Indonesia pada 7 September 2021.

Dengan tambahan dua jenis vaksin itu, maka total ada 9 jenis vaksin Covid-19 di Indonesia yang telah mendapat EUA dari BPOM.

BPOM menegaskan bahwa semua jenis vaksin Covid-19 yang mendapat EUA telah melalui pengkajian yang intensif terhadap keamanan, khasiat, dan juga mutunya.

Selengkapnya baca: 9 Jenis Vaksin Covid-19 di Indonesia yang Telah Dapat Izin Penggunaan Darurat dari BPOM

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.