Kompas.com - 27/07/2021, 20:45 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito Dok Humas KemenkominfoJuru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat memanfaatkan waktu perpanjangan PPKM level 1-4 sebaik mungkin dengan mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Wiku, jika kasus penularan semakin meningkat, sementara masyarakat telah menerapkan protokol kesehatan, maka pembukaan di berbagai sektor perlu kembali dibatasi.

"Manfaatkan waktu satu minggu sebaik mungkin dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan utamanya pada sektor yang sudah mulai dibuka, karena itu dapat menentukan apakah pembukaan ini berdampak pada kenaikan kasus atau tidak," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/7/2021).

"Jika ternyata sektor-sektor yang sudah dibuka ini tidak taat protokol kesehatan dan meningkatkan kasus, maka perlu kembali untuk dibatasi," tegasnya.

Baca juga: Angka Kematian Masih Terus Meningkat meski Pemerintah Terapkan PPKM Level 1-4

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaliknya jika sektor-sektor tersebut patuh protokol kesehatan dan terbukti tidak meningkatkan kasus, bukan tidak mungkin akan semakin siap untuk pembukaan bertahap ke depannya.

Wiku pun menuturkan, pemerintah memahami perpanjangan PPKM level 1 sampai dengan 4 ini dirasakan berat oleh sebagian besar masyarakat.

"Namun dengan kerendahan hati saya berharap masyarakat dapat mempertahankan konsistensinya dalam mengikuti aturan yang berlaku," tuturnya.

"Kita sudah melihat hasil yang cukup baik di pulau Jawa dan Bali dan saya yakin perubahan ini dapat dicapai karena masyarakat berusaha mematuhi peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah," lanjut Wiku.

Dia menambahkan, perpanjangan PPKM level 1 - 4 dengan pembukaan pada beberapa sektor saat ini merupakan upaya gas dan rem yang dilakukan pemerintah untuk menyeimbangkan aktivitas ekonomi dengan penanganan kesehatan.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Tegal Meningkat Selama Perpanjangan PPKM, Rata-rata 85 Kasus per Hari

 

Pembukaan sektor-sektor yang dilakukan akan terus dievaluasi menyesuaikan dengan perkembangan kasus covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.