Kompas.com - 13/07/2021, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah meningkatkan target minimal penerima vaksinasi Covid-19. Angka itu bertambah setelah sasaran vaksinasi diperluas pada usia remaja 12-17 tahun.

"Jumlah minimal masyarakat yang akan divaksinasi naik, dari target semula 181,5 juta orang menjadi 208.265.720 orang," kata Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Indonesia Masuk Daftar Negara dengan Kenaikan Kasus Covid-19 Sangat Tajam

Peningkatan target vaksinasi dilakukan untuk mempercrpat pembentukan herd immunity atau kekebalan komunal. Dengan demikian, pandemi virus corona diharapkan semakin cepat selesai.

Dedy mebyebut, pemerintah terus berupaya memastikan seluruh lapisan masyarakat menerima vaksin Covid-19.

"Termasuk penyandang disabilitas, keluarga prasejahtera, dan penduduk di wilayah terpencil," ujarnya.

Pasokan vaksin Covid-19 di Indonesia pun terus bertambah. Siang tadi pemerintah menerima 1,4 juta dosis vaksin Sinopharm.

Kedatangan vaksin itu merupakan tahap yang ke-22 sejak peneriman vaksin pertama di tanggal 6 Desember 2020.

Dedy mengatakan, dalam 3 hari depan Indonesia akan menerima sekitar 4 juta vaksin Sinopharm.

"Vaksin Sinopharm ini akan digunakan untuk program vaksinasi gotong royong yang merupakan inisiatif swasta dan bersifat melengkapi program vaksinasi gratis pemerintah yang tidak dibiayai APBN," ujarnya.

Baca juga: 4 Juta Dosis Sinopharm Akan Tiba di Indonesia untuk Vaksinasi Gotong Royong

Dalam waktu dekat, berbagai vaksin lainnya akan tiba di Tanah Air seperti 3,4 juta dosis vaksin AstraZeneca, hingga sejumlah vaksin Moderna.

Dalam satu minggu saja, lanjut Dedy, Indonesia mendapat lima kali kiriman vaksin dari berbagai jalur kerja sama dengan total penambahan 17,8 juta dosis vaksin.

"Penambahan total vaksin yang sudah kita terima menjadi lebih dari 134 juta dosis, baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.