Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2021, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng 11 platform layanan telemedicine atau konsultasi kesehatan virtual untuk pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

Kesebelasan platform tersebut adalah Alodokter, Get Well, Good Doctor, Halodoc, Klik Dokter, Klik Go, Link Sehat, Milvik Dokter, Pro Sehat, SehatQ dan Yesdok.

"Kita melakukan layanan telemedicine karena kalau sekarang harus datang ke rumah sakit, konsultasi dengan dokter akan susah karena akan menambah risiko," kata Budi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/7/2021).

Budi mengatakan, layanan telemedicine tersebut tidak hanya berupa konsultasi dengan dokter, melainkan juga mengirimkan paket obat bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

Baca juga: Layanan Telemedicine Gratis untuk Pasien Isolasi Mandiri Akan Diuji Coba di Jakarta

Paket obat tersebut terdiri dari Multivitamin (C,B,E,Zinc), Azitromisin 500 mg, Oseltamivir 75 mg, dan Parasetamol Tablet 500 mg.

"Semua ini diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform telemedicine dan obat-obatannya dilakukan juga dari Kementerian kesehatan. Semuanya akan dilakukan berbasis digital," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, layanan telemedicine tersebut juga terintegrasi dengan 742 laboratorium PCR di seluruh Indonesia sehingga pasien dapat melakukan pemeriksaan.

Ia mengatakan, layanan telemedicine akan diuji coba di DKI Jakarta pada 6 Juli 2021 dengan bekerja sama dengan Dinkes DKI.

"Dengan lyanan telemedicine ini semua pasien COVID-19 yang terkonfirmasi positif bisa mendapatkan akses dan layanan medis tepat waktu tanpa perlu mengantri di RS," pungkasnya.

Baca juga: IDI: Telemedicine Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan

Berikut ini 11 link platform layanan telemedicine tersebut:

1. Alodokter, https://bit.ly/alodokter-isoman 

2. GetWell, https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell 

3. Good Doctor, https://gooddoctor.onelink.me/Cmiw/efeba7ae  dan GrabHealth

4. Halodoc, https://bit.ly/isoman_halodoc 

5. KlikDokter, https://bit.ly/kd-kemenkes-isoman 

6. KlinikGo, https://klinikgo.com/isoman 

7. Link Sehat https://link.linksehat.com/mRMf 

8. Milvik Dokter, https://milvik.id/about-us/ 

9. ProSehat, https://prosehat.com/wa 

10. SehatQ, https://sehatqapp.onelink.me/bgzy?pid=kemenkes&c=sqkemenkes&deep_link_value=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed&af_web_dp=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed&af_dp=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed 

11. YesDok, https://bit.ly/ISOMAN-YesDok 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.