Kompas.com - 22/06/2021, 13:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, selama pandemi Covid-19 kebiasaan baru seperti protokol kesehatan membutuhkan waktu agar bisa dipatuhi masyarakat.

Meskipun, kata dia, selama pandemi Covid-19 ini berlangsung, sudah banyak perilaku positif masyarakat yang membuat perubahan.

"Dalam suasana prihatin Covid-19, sudah banyak sekali perilaku positif seperti mengubah paradigma. Memang masih ada di lapangan yang tidak disiplin protokol kesehatan, tidak mau taat peraturan, protes, itu perlu waktu (mengubahnya)," ujarnya di acara Dies Natalis ke-40 Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, dikutip dari siaran pers, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: Ada Penyekatan di Suramadu, Menko PMK Minta Masyarakat Kooperatif

Meski demikian, Muhadjir meyakini bahwa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini dapat menjadi momentum untuk mengubah paradigma masyarakat.

Pandemi diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Ini termasuk dalam membentuk karakter jiwa terutama kedisiplinan.

"Pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan selama pandemi Covid-19 dapat terbentuk menjadi sebuah karakter. Tapi perubahan paradigma dan pembentukan karakter perlu dilakukan dengan pendekatan yang tepat," kata Muhadjir.

Baca juga: Pesta Pernikahan Dapat Picu Klaster Covid-19, Menko PMK: Harus Diwaspadai

Pendekatan yang dimaksud antara lain melalui pendekatan kesadaran atau pendekatan koersif atau paksaan.

Namun, menurut dia, pendekatan kesadaran akan jauh lebih efektif untuk diterapkan di lingkungan masyarakat.

"Yang bagus itu penyadaran, tapi dua-duanya tentu harus beriringan. Adakalanya pendekatan koersif juga perlu, masyarakat harus ditegasi dulu agar bisa menumbuhkan kesadaran," ucap Muhadjir.

Baca juga: Menko PMK: Taruhan Kita Ini Tinggal Disiplin Prokes atau Tidak...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.