Kompas.com - 23/04/2021, 18:52 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri (PM) Vietnam Ph?m Minh Chính di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/4/2021). Kedua pemimpin ini menggelar pertemuan bilateral Indonesia-Vietnam pada kunjungan kerja KTT ASEAN -2.   dok. Agus Suparto Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri (PM) Vietnam Ph?m Minh Chính di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/4/2021). Kedua pemimpin ini menggelar pertemuan bilateral Indonesia-Vietnam pada kunjungan kerja KTT ASEAN -2.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chính, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/4/2021).

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan sejumlah isu, salah satunya terkait pandemi Covid-19.

Presiden mengajak Vietnam untuk bersama-sama menyuarakan kesetaraan akses vaksin virus corona.

"Presiden mendorong kedua negara untuk terus menyerukan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi selepas pertemuan, melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat.

Baca juga: Satgas: Jumlah Vaksin Covid-19 Terbatas, Pemerintah Atur Laju Vaksinasi

Retno mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Jokowi menekankan pentingnya penguatan kerja sama di bidang kesehatan. Ia mengatakan, saat ini kesehatan menjadi hal utama.

Apalagi, tak ada yang tahu kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.

"Oleh karenanya kerja sama di bidang kesehatan menjadi sangat penting," ujar Retno.

Selain kesetaraan akses vaksin, dalam pertemuan itu Jokowi mendorong Indonesia dan Vietnam menciptakan ketahanan kesehatan di Asia Tenggara.

Hal ini dapat menjadi kerja sama jangka panjang antara kedua negara.

Baca juga: Jokowi: Saya Dukung Riset Vaksin Covid-19

Presiden juga menegaskan komitmen Indonesia untuk terus menjalin hubungan bilateral yang saling menguntungkan bagi rakyat di kedua negara.

"Bapak presiden menyampaikan bahwa Vietnam adalah sahabat Indonesia dan Vietnam adalah Mitra strategis Indonesia di kawasan Asia Tenggara," kata Retno.

"Presiden juga menyampaikan harapan Indonesia dan Vietnam dapat terus bekerja sama agar kedua negara dapat keluar dari pandemi dan terus menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan," tutur dia. 

Baca juga: Jokowi: Isu Kesetaraan Vaksin bagi Semua Negara Saya Bawa hingga ke PBB

Adapun kunjungan PM Pham Minh Chính ke Tanah Air dalam rangka menghadiri ASEAN Leaders Meeting yang rencananya digelar Sabtu (23/4/2021).

Ini merupakan kunjungan pertama PM Pham Minh Chính ke Indonesia usai dilantik pada 5 April 2021 lalu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X