Survei IPS: 35,5 Persen Responden Puas terhadap Kinerja Wapres Ma'ruf Amin

Kompas.com - 21/04/2021, 20:41 WIB
Wapres Ma'ruf Amin saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Lapangan Olahraga Tiara Batara, Melayu, Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (30/3/2020). BPMI/SetwapresWapres Ma'ruf Amin saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Lapangan Olahraga Tiara Batara, Melayu, Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (30/3/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Indonesian Presidential Studies (IPS) menunjukkan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Wakil Presiden Ma'ruf Amin sejak Maret 2021 hingga April 2021 sebesar 35,5 persen.

Direktur Eksekutif IPS Nyarwi Ahmad mengatakan, persentase tersebut menurun dibandingkan hasil survei yang dilakukan pada September 2020 lalu.

"Terkait dengan wapres jauh lebih rendah, September 2020 (sebesar) 36 persen. Maret kemarin 35,5 persen," kata Nyarwi dalam diskusi daring, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Wapres Maruf Amin Jadi Ketua Pengarah Panitia Pencalonan RI Tuan Rumah Olimpiade 2032

Sementara itu, sebesar 35,8 persen responden menilai, kinerja Ma'ruf biasa saja.

Angka itu meningkat dibanding survei September lalu yakni sebesar 33,9 persen.

Jumlah responden yang tidak puas atau sangat tidak puas dengan kinerja Ma'ruf juga meningkat pada survei Maret 2020 yakni sebesar 26,6 persen.

"Juga ada peningkatan ketidakpuasan. Intinya ketidakpuasan wapres ini rendah sekali kepuasannya di bawah 50 persen," ujar dia.

Nyarwi menilai, perlu ada strategi yang dilakukan oleh Ma'ruf untuk bisa menaikan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerjanya.

Jika pihak Ma'ruf menilai sudah melakukan pekerjaan sebagai mana mestinya, maka yang perlu dipikirkan adalah adalah meyakinkan publik.

"Itu saya kira menjai hal yang baru yang perlu dilakukan. Tentu perlu strategi dan sinergi yang sama dengan presiden," ucap dia.

Baca juga: Hasil Survei Kinerja Maruf Amin Rendah, Jubir Wapres: Ya Biasa, Namanya Ban Serep...

Adapun survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan cara wawancara tatap muka.

Jumlan responden sebanyak 1.200 dengan tingkat kesalahan atau margin of error sebesar 2,9 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X