Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 Selama Ramadhan Tetap Siang Hari, Alternatifnya Malam Hari

Kompas.com - 13/04/2021, 16:58 WIB
Pemberian suntikan vaksin Pixabay/kfuhlertPemberian suntikan vaksin

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi Covid-19 pada bulan Ramadhan tetap dilaksanakan pada siang hari.

Hal tersebut didukung fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan bahwa vaksinasi dengan metode penyuntikan tidak membatalkan ibadah puasa.

"Fatwa MUI menyatakan vaksinasi yang dilakukan dengan metode penyuntikan tidak membatalkan puasa sehingga pelaksanaannya akan tetap kami lakukan pada siang hari," ujar Nadia dalam talkshow daring yang ditayangkan YouTube Kominfo TV, Selasa (13/4/2021).

"Sudah disampaikan juga bahwa secara kesehatan bahwa vaksinasi tidak akan mengurangi kesehatan seseorang apalagi juga terkait dengan yang puasa," ujar dia.

Baca juga: Vaksinasi Saat Ramadhan, Lansia dengan Komorbid Boleh Disuntik jika Tak Kambuh

Akan tetapi, menurut dia, fatwa MUI juga mengingatkan adanya sejumlah kondisi kesehatan yang perlu diperhatikan.

Selain itu, efek samping vaksinasi perlu menjadi perhatian.

"Sebagai alternatif hal tersebut, maka kita akan memberikan vaksinasi pada malam hari," kata Nadia.

"Tetapi terkait pelaksanaannya harus dijadwalkan dengan melakukan koordinasi. Bisa dengan pengurus masjid, melalui petugas RT/RW dan juga dengan petugas setempat," ucap dia. 

Nadia menyebut, vaksinasi pada malam hari bisa dilaksanakan di masjid.

Namun, apabila jadi dilaksanakan, vaksinasi di masjid tidak boleh menimbulkan kerumunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X