Kemenkes: Jam Operasional Vaksinasi Covid-19 di RS Diperpendek Selama Ramadhan

Kompas.com - 12/04/2021, 18:11 WIB
 Ilustrasi vaksinasi. Dok. Shutterstock Ilustrasi vaksinasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, akan ada perubahan jam operasional pelayanan vaksinasi Covid-19 di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), seperti rumah sakit dan puskesmas selama bulan Ramadhan.

Ia mengatakan, pihaknya tengah mengatur perubahan jam operasional pelayanan vaksinasi Covid-19 di fasyankes.

"Jadi mungkin akan lebih pendek, karena mengingat tentunya sebagian dari tenaga kesehatan juga harus menjalankan ibadah puasa, mereka juga akan mempersiapkan buka puasa bersama keluarganya," kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Hingga 12 April, Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Capai 15,4 Juta Suntikan, Dosis Dua baru 5 Juta

Namun, Nadia memastikan, jumlah tenaga kesehatan sebagai vaksinator di rumah sakit dan puskesmas tidak akan dikurangi selama bulan Ramadhan.

"Jumlahnya tidak akan dikurangi ya, jadi kita tetap memberikan jumlah tenaga kesehatan yang sama," ujar dia. 

Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadhan 1442 Hijriah pada Senin sore.

Baca juga: Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadhan Digelar Siang dan Malam Hari

Rencananya, sidang isbat dilakukan secara daring (online) dan luring (offline), mengingat Ramadhan masih terjadi di masa pandemi Covid-19.

Adapun hasil sidang isbat baru akan diumumkan melalui konferensi pers pada pukul 19.30 WIB dan disiarkan melalui televisi dan media sosial.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X