Kompas.com - 01/04/2021, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran mempermudah masyarakat Jawa Barat dan Jakarta Selatan yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Dua jalan tol baru itupun akan mempermudah mobilitas para komuter di Jabodetabek.

"Pengoperasian jalan tol ini sangat dinantikan oleh masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan. Juga dapat menjadi alternatif, khususnya bagi masyarakat Jawa Barat dan Jakarta Selatan untuk akses menuju Bandara Soekarno-Hatta," ujar Jokowi dalam sambutannya saat peresmian yang berlokasi di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan, dipantau dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/4/2021).

"Jalan tol ini akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan persoalan kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di Jakarta dan melancarkan mobilitas komuter baik di Jakarta maupun di kota-kota di sekitarnya," lanjutnya.

Baca juga: Tol Serpong-Pamulang dan Cinere-Kunciran Beroperasi, Jokowi Minta Pemda Perluas Investasi


Selain itu, dua tol baru diharapkan dapat memperlancar distribusi barang ke berbagai kawasan lain.

Sehingga akan menghemat waktu tempuh pengiriman barang dan akhirnya dapat menurunkan biaya logistik.

Presiden secara resmi telah meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang serta Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran pada Kamis pagi.

Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang memiliki panjang 10,1 kilometer dan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran memiliki panjang 14,19 kilometer.

Kedua ruas tol ini menjadi bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang nantinya akan melengkapi ruas Tol JORR II di sisi barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.