Tingkatkan Sinergi dengan TNI Tangani Pandemi, Kapolri: Semoga Kasus Covid-19 Bisa Turun 2 Minggu Ini

Kompas.com - 01/02/2021, 15:22 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (1/2/2021). Tangkapan layar Youtube Tribarta TVKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (1/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Polri dan TNI harus terus memperkuat soliditas dan sinergitas, khususnya dalam penegakan protokol kesehatan Covid-19.

Ia berharap dengan kekuatan TNI-Polri, kasus Covid-19 bisa segera turun dalam satu atau dua pekan mendatang.

"Kita sepakat untuk melaksanakan kegiatan yang lebih kuat di lapangan, sehingga angka Covid-19 satu atau dua minggu ini bisa kita turunkan," kata Sigit dalam kunjungannya ke Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (1/2/2021).

Baca juga: Panglima TNI Kerahkan Prajurit Awasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan

Dirinya bersama KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo telah mendiskusikan beberapa kegiatan operasional yang bisa dilakukan TNI dan Polri dalam mengatasi pandemi.

Misalnya, kegiatan-kegiatan bersifat sosialisasi dengan membagikan masker, hingga mengunjungi tempat-tempat yang menjadi pusat interaksi masyarakat. Kemudian, juga ke terminal-terminal kendaraan umum, baik darat maupun udara.

"Di beberapa tempat mulai kemarin, sudah kami laksanakan dengan Panglima TNI, tempat-tempat yang jadi pertemuan interaksi masyarakat, tempat yang mobilitas masyarakatnya tinggi, mulai kemarin kita akan laksanakan kegiatan turun bersama," tutur Sigit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain membahas program kerja sama untuk penanganan pandemi, Sigit mengatakan juga membicarakan pendidikan dan pelatihan bersama TNI dan Polri.

Baca juga: Saat Jokowi Minta Luhut, Menag, Kapolri, hingga Panglima TNI Tegas soal Implementasi PPKM

Menurut Sigit, TNI dan Polri harus solid demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta keamanan negara.

"Untuk bisa menjaga stabilitas kamtibmas dengan baik, menjaga keamanan negara, keselamatan rakyat, maka soliditas TNI dan Polri wajib dan itu harus bisa dilaksanakan mulai dari level atas hingga paling bawah," katanya.

Dalam kesempatan itu, Fadjar menegaskan TNI siap mendukung program-program pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Selain itu, TNI juga siap mengamankan pembangunan nasional.

"TNI AU bersama Polri siap melaksanakan tugas, khususnya dalam masa pandemi Covid-19, mengatasi masalah pandemi melalui program pemerintah PPKM dan 5M," ujar Fadjar.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.