Kompas.com - 22/01/2021, 18:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza meminta pemerintah mengaktifkan tim antisipasi bencana.

Hal itu ia katakan mengingat eskalasi potensi bencana di Indonesia diprediksi bakal mengalami peningkatan, misalnya, dari gempa bumi, banjir hingga longsor.

"Saya minta pemerintah mulai tugaskan tim antisipasi bencana alam yang kemungkinan skalanya makin besar dan meluas," ujar Faisol dalam keterangan tertulis, Jumat, (22/1/2021)

Adanya tim ini, menurut Faisol, sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi dampak bencana.

Baca juga: 2021 Belum Sebulan, Sudah 185 Bencana Terjadi di Tanah Air

Contohnya, yakni menginformasikan potensi bencana kepada masyarakat di daerah rawan.

"Berikan peringatan kepada masyarakat," ucap Ketua Komisi VI DPR itu.

Seperti diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 185 bencana terjadi sepanjang 1-21 Januari 2021.

Ratusan bencana tersebut didominasi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung.

Beberapa bencana besar yang terjadi yaitu gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat; banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel); banjir bandang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat; dan gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,0 di Sulawesi Utara (Sulut).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.