Kompas.com - 06/01/2021, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima beberapa gagasan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini terkait program kerja Kementerian Sosial (Kemensos).

Salah satu yang disampaikan oleh Risma adalah tentang perbaikan pengelolaan balai-balai di daerah milik Kemensos.

"Ketika bertemu Ibu Risma, ternyata ada gagasan yang disetujui Pak Wapres yaitu mengenai optimalisasi dan reformasi pengelolaan balai yang selama ini banyak digunakan Kementerian Sosial untuk menampung disabilitas dan macam-macam itu," ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi kepada wartawan, Selasa (5/1/2021) malam.

Baca juga: Saat Blusukan Mensos Risma Tuai Pro dan Kontra

Balai yang ada, kata dia, kantornya cukup besar dan luas tetapi pemanfaatannya kurang.

Dengan demikian, rencananya balai tersebut akan dijadikan tempat pemberdayaan pelatihan sekaligus pemberdayaan untuk kepentingan ekonomi.

Saat ini, kata dia, terdapat 49 balai di seluruh Indonesia dan akan segera dilakukan percontohannya.

"Memang percontohannya yang dia akan ambil duluan itu Jakarta dan Bekasi, karena itu katanya berhektare-hektare," kata Masduki.

Baca juga: Hasto Nilai Blusukan Ala Risma dan Jokowi Harus Jadi Kultur Kepemimpinan Nasional

Ia mengatakan, dari laporan Risma, balai tersebut akan digunakan untuk melatih orang-orang yang membutuhkan dari berbagai keahlian dan keterampilan.

Nantinya juga akan banyak kolaborasi antara pemerintah daerah dan swasta dalam memberdayakan masyarakat yang dilakukan Kemensos.

Hal ini dilakukan, kata dia, berdasarkan pengalaman Risma ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya yang akan dijadikan contoh di Jakarta dan Bekasi.

"Baru nanti akan dikembangkan atau direplikasi ke daerah lain. Jadi ujungnya nanti pemberdayaan untuk usaha mikro kecil (UMK)," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.