Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Ajak Dua Orang Terdekat Patuhi Protokol Kesehatan

Kompas.com - 01/12/2020, 18:50 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam sebuah pertemuan tingkat ASEAN, Jumat (27/11/2020). Sumber: Dokumentasi BNPB. Kompas.com/Fitria Chusna FarisaKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam sebuah pertemuan tingkat ASEAN, Jumat (27/11/2020). Sumber: Dokumentasi BNPB.
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta masyarakat untuk mencoba mengingatkan protokol kesehatan pada orang-orang terdekat.

Ia pun menyarankan agar paling tidak setiap warga mengingatkan dua orang terkait pentingnya protokol kesehatan.

"Upayakanlah setiap hari mengajak paling tidak dua orang terdekat untuk patuh pada protokol kesehatan," kata Doni dikutip dari akun YouTube BNPB, Selasa (1/12/2020).

Baca juga: UPDATE 1 Desember: Sebaran 5.092 Kasus Baru Covid-19, Tertinggi di DKI Jakarta

Menurut Doni, hal itu harus dilakukan karena penularan Covid-19 datang dari sesama manusia.

Terlebih lagi, dengan adanya potensi penularan dari orang tanpa gejala (OTG) yang bisa menularkan ke orang-orang disekitarnya tanpa diketahui.

"Orang tanpa gejalalah yang berisiko tinggi yang dapat menulari orang-orang yang ada di sekitarnya," ujar dia.

Adapun pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berjalan hampir sembilan bulan. Namun, hingga saat ini belum terlihat penularan virus corona dapat dikendalikan.

Baca juga: Satgas: Penggunaan Bahasa Daerah dalam Pembuatan Pedoman Perilaku Protokol Kesehatan Mudahkan Masyarakat

Berdasarkan data yang dihimpun pemerintah hingga Selasa (1/12/2020), ada penambahan 5.092 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan itu menyebabkan jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 543.975 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X