Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2020, 10:59 WIB

KOMPAS.com - Satgas Covid-19 meminta masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Tebet dan Petamburan, Jakarta Selatan, serta Megamendung, Bogor, untuk segera melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Sebab, terdapat sejumlah kasus positif di wilayah tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Doni Monardo mengimbau masyarakat di wilayah tersebut untuk segera mendaftarkan diri ke RT/RW di wilayahnya untuk mendapatkan tes PCR secara gratis.

“Kami telah menyebarkan rapid test swab antigen sebanyak 2.500 unit kepada Puskesmas yang wilayahnya berpotensi terjadi peningkatan kasus, seperti di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat,” kata Doni dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (22/11/2020).

Doni menambahkan, petugas RT/RW di Tebet, Petamburan, dan Megamendung dapat berkoordinasi dengan Puskesmas setempat agar masyarakatnya segera mendapatkan tes PCR gratis.

Selain itu, Doni juga menyarankan masyarakat yang berpartisipasi dalam penjemputan Habib Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan tes PCR.

“Kami memohon kesadaran seluruh masyarakat di sekitar wilayah Tebet, Petamburan dan Megamendung, serta mereka yang turut menjemput Habib Rizieq untuk melakukan tes PCR demi melindungi diri serta keluarga,” imbuh Doni.

Dengan melakukan tes PCR, lanjut Doni, diharapkan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Apabila dalam pemeriksaan ada yang positif Covid-19, bisa langsung melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah, yaitu di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat,” kata Doni.

Doni menambahkan, per Jumat (20/11/202), ada 7 orang positif Covid-19 setelah tes PCR di Tebet. Lalu, di Megamendung ada 20 orang yang positif Covid-19. Sementara, di Tebet ada 50 orang yang positif Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.