KPAI Minta PJJ di Gowa Dievaluasi Setelah Ada Siswi Bunuh Diri

Kompas.com - 19/10/2020, 11:57 WIB
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti saat memberikan keterangan pers di Kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariKomisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti saat memberikan keterangan pers di Kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) meminta Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, mengevaluasi pembelajaran jarak jauh ( PJJ) yang dilakukan di wilayahnya.

Permintaan tersebut menyusul siswi SMA berinisial MI (16) di Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, tewas akibat bunuh diri.

Diduga, MI mengalami depresi akibat banyaknya tugas sekolah selama digelarnya PJJ.

"Perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh dari PJJ di Kabupaten Gowa oleh Dinas Pendidikan dan Pemerintah Daerah sesuai kewenangannya," ujar Ketua KPAI Retno Listyarti melalui keterangan tertulisnya, Selasa (19/10/2020).

Baca juga: Diduga Stres karena Tugas Daring, Siswi SMA Nekat Bunuh Diri dan Tinggalkan Rekaman Video

"Kalau SMA/SMK, berarti menjadi kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan," lanjut dia.

Oleh sebab itu, KPAI juga mendorong Polres Gowa agar mendalami kemungkinan lainnya yang menjadi penyebab tewasnya MI.

Berdasarkan informasi yang diterima KPAI, Polres Gowa tengah mendalami faktor lain penyebab tewasnya MI. KPAI pun mengapresiasinya.

Menurut Retno kemungkinan lain tersebut sangat penting untuk diungkap. Sebab, apabila MI meninggal dunia karena terbukti depresi, maka PJJ di area itu didorong untuk dievaluasi.

KPAI pun sekaligus menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya salah satu anak bangsa itu.

"KPAI menyampaikan duka mendalam atas meninggalkan seorang siswi di kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, yang diduga depresi karena kesulitan belajar daring," ujar Retno.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X