Kompas.com - 19/08/2020, 11:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyiapkan 20 titik lokasi pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019 di luar negeri.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, berdasarkan hasil pendaftaran ulang peserta SKB, tercatat 68 peserta yang saat ini sedang berada di luar negeri.

Meskipun hanya 68 peserta, akan tetapi disediakannya titik lokasi SKB sebanyak 20 itu dilakukan untuk mencegah kemungkinan penularan Covid-19.

"Ke-20 tilok tersebut tersebar di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kantor Konsulat Jenderal, serta Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia," ujar Bima dalam siaran pers BKN, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Tes SKB Saat Pandemi, BKN Sebut Peserta Dapat Ikut di Tempat Terdekat

Ia mengatakan, BKN telah bekerja sama dengan Kemenlu dan berkoordinasi langsung dengan perwakilan KBRI di titik lokasi yang sudah ditetapkan.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan pelaksanaan SKB titik lokasi luar negeri dapat berjalan optimal dan terjaga akuntabilitasnya.

Selain itu Bima mengatakan, bagi seluruh peserta CPNS baik di dalam maupun di luar negeri, dapat mengikuti SKB di tempat terdekat dari mereka.

Keputusan pemilihan tempat SKB terdekat itu diambil sebagai salah satu upaya meminimalisasi pergerakan peserta di tengah pandemi Covid-19.

"Dalam rangka meminimalisasi pergerakan peserta pada pelaksanaan SKB CPNS formasi tahun 2019, peserta dapat mengikuti SKB di tempat terdekat, sehingga tidak perlu melakukan perjalanan jauh," kata dia.

Baca juga: BKN Sebut 17.000 Formasi CPNS Berpotensi Kosong

Selain itu, penyelenggaraan SKB di tempat terdekat itu juga didasari Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tentang Rencana Pelaksanaan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 mengenai teknis penyelenggaraan SKB dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.