KSAL: Ada 3 Komponen Fundamental yang Perlu Dimiliki Perwira TNI AL

Kompas.com - 24/06/2020, 22:17 WIB
Laksamana TNI Yudo Margono bersiap dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/05/2020). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK ALaksamana TNI Yudo Margono bersiap dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/05/2020). Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan seorang perwira TNI AL setidaknya perlu memiliki tiga komponen fundamental untuk menghadapi tantangan ke depan.

Hal tersebut disampaikan Yudo saat memberikan pembekalan kepada perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) wilayah Surabaya di Markas Komando (Mako) Komando Armada (Koarmada) II, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, (24/6/2020).

Baca juga: Resmi Jabat KSAL, Yudo Margono Juga Berpeluang Jadi Panglima TNI

"Seorang perwira TNI AL di tengah tantangan dan tugas ke depan, harus memiliki tiga komponen fundamental yaitu leadership, profesionalisme dan manajemen," ujar KSAL dalam keterangan tertulis, Rabu (24/6/2020).

KSAL menjelaskan bahwa leadership harus memiliki kompetensi yang unggul, sehingga bisa menjadi contoh teladan dan sumber motivasi bagi anak buah yang dipimpin.

Sementara, profesionalisme akan membawa perwira bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya di dalam organisasi.

"Sedangkan, manajemen mencakup operasional, organisasi dan logistik," kata KSAL.

Baca juga: Yudo Margono Resmi Pimpin TNI AL, Ini 9 Program Prioritasnya

Selain itu, KSAL juga menyampaikan bahwa sejak awal Juni 2020 angka penyebaran Covid-19 di Jawa Timur, terutama kota Surabaya masih cukup tinggi.

Menurut Yudo, tantangan tersebut merupakan hal nyata yang harus dihadapi bersama dan berpengaruh terhadap pembangunan kekuatan TNI AL. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X