LIVE STREAMING: Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 1441 Hijriah

Kompas.com - 22/05/2020, 17:37 WIB
Proses pemantauan hilal di lantai 18 hotel Aryaduta Palembang, Sumatera Selatan, Senin (3/6/2019). Dari hasil pemantauan tersebut, Kantor Kementerian Agama Sumatera Selatan tidak melihat adanya kemunculan hilal, atau masih dibawa 0 derajat. KOMPAS.com/AJI YK PUTRAProses pemantauan hilal di lantai 18 hotel Aryaduta Palembang, Sumatera Selatan, Senin (3/6/2019). Dari hasil pemantauan tersebut, Kantor Kementerian Agama Sumatera Selatan tidak melihat adanya kemunculan hilal, atau masih dibawa 0 derajat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1441 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri 2020.

Sidang isbat digelar di Kantor Kementerian Agama pada Jumat (22/5/2020) sore ini. Menteri Agama Fachrul Razi akan memimpin langsung sidang isbat.

Karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka sidang isbat dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan.

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Sidang Isbat Digelar Jumat Ini, Jumlah Peserta Dibatasi

Namun, Kemenag menghadirkan siaran langsung sidang isbat melalui akun YouTube Kemenag RI.

Anda bisa mengikutinya di bawah ini:

Tautan lain, Anda bisa mengikutinya di siaran Kompas TV berikut ini:

Menurut Agus, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadhan lalu.

Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 Hijriah oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Setelah maghrib, sidang dibuka Menteri Agama Fachrul Razi, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV pool dan live streaming medsos Kemenag," kata Agus.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X