Kompas.com - 06/05/2020, 17:47 WIB
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Widodo Muktiyo. Dok. KemkominfoDirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Widodo Muktiyo.

KOMPAS.com – Salah satu cara mencegah penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19) adalah melalui pola hidup sehat.

Nyatanya, pola hidup sehat tak hanya gencar dikampanyekan saat wabah Covid-19 melanda Indonesia. Jauh hari sebelumnya, pemerintah sudah gencar mengampanyekannya.

Hal itu karena pola hidup sehat memiliki banyak manfaat, bahkan sebelum ada Covid-19. Salah satu manfaatnya adalah mencegah stunting.

Stunting adalah gagal tumbuh pada balita karena kekurangan gizi kronis dalam kurun waktu yang lama. Faktor penyebabnya salah satunya adalah pola hidup tidak sehat.

Baca juga: Polisi Minta Kemkominfo Blokir 218 Akun Medsos yang Diduga Sebarkan Hoaks dan Hate Speech

Pola hidup sehat yang kami kampanyekan dalam rangka pencegahan stunting selaras dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19”, kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Widodo Muktiyo, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/5/2020).

Menurut dia, penting untuk mengedukasi masyarakat saat ini agar paham dan bisa mencegah penyebaran Covid-19, sekaligus pencegahan stunting secara bersamaan dengan cara penerapan pola hidup sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu contoh pola hidup sehat yang saat ini tengah dikampanyekan adalah kebiasaan mencuci tangan.

“Kami telah lakukan sosialisasi dalam rangka kampanye pencegahan sunting. Nyatanya, cuci tangan juga menjadi salah satu upaya penghambat penyebaran Covid-19 karena kebanyakan penularannya melalui perantara tangan,” kata Widodo.

Baca juga: 367 Kasus Baru Covid-19 di 22 Provinsi, Pulau Jawa Masih Signifikan

Ia pun berpedapat bahwa hasil jangka pendek dari penerapan pola hidup sehat adalah mencegah penyebaran Covid-19 dan jangka panjangnya mencegah stunting.

Terkait pencegahan stunting, pemerintah juga memberdayakan masyarakat melalui gerakan sosial 3P (pahami, peduli, dan partisipasi).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.