Momen Jokowi Jadi "Sobat Ambyar", Panggung Istana hingga Konser Amal Didi Kempot

Kompas.com - 05/05/2020, 13:05 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melalui juru bicaranya Fadjroel Rachman menyampaikan dukacita atas berpulangnya Didi Kempot.

Seniman dan penyanyi campursari itu meninggal dunia pada pukul 07.30 WIB, Selasa (5/5/2020), di Rumah Sakit Kasih Ibu, Surakarta, Jawa Tengah. 

Presiden Jokowi tercatat memiliki kenangan sendiri dengan almarhum Didi Kempot.

Baca juga: Sekjen PDI-P: Selamat Jalan Seniman Rakyat Didi Kempot...

Kepala Negara pernah menonton langsung aksi Didi Kempot saat manggung di Istana Kepresidenan beberapa waktu lalu.

Bahkan, layaknya "Sobat Ambyar", sapaan penggemar Didi Kempot, Jokowi saat itu ikut menyanyikan lirik lagu yang dikumandangkan sang "Godfather of Broken Heart".

Baca juga: Didi Kempot dalam Kenangan...

Selain konser di Istana Kepresidenan, Jokowi juga baru-baru ini melakukan komunikasi dengan Didi Kempot lewat video conference.

Jokowi berterima kasih dan menyatakan dukungan atas konser amal yang digelar Didi Kempot untuk korban pandemi Covid-19. Berikut rangkumannya:

Konser di Istana

Didi Kempot manggung di halaman Istana Merdeka pada awal Agustus 2019 lalu. Ia saat itu ikut meramaikan pergelaran wayang kulit bertema "Kresno Jumeneng Ratu" yang digelar Istana dalam rangka bulan kemerdekaan.

Didi didapuk sebagai penyanyi pembuka sebelum dalang Ki Manteb Soedharsono menunjukkan kepiawaiannya dalam memainkan wayang kulit.

Didi mengguncang Istana dengan tiga lagu andalannya, yakni "Sewu Kutho", "Layang Kangen",  dan "Jambu Alas".

Baca juga: Diundang Ke Istana, Didi Kempot Sebut Ini Mimpi yang Jadi Nyata

Presiden Jokowi pun tampak semringah ketika menikmati penampilan Didi Kempot yang menyanyikan lagu "Sewu Kutho".

Jokowi tak ragu ikut menyanyikan bait demi bait salah satu lagu andalan Didi Kempot itu.

Momen tersebut terjadi ketika Jokowi menyaksikan pergelaran wayang kulit yang dilaksanakan pada Jumat (2/9/2019) malam.

Semringahnya Jokowi saat menikmati "Sewu Kutho" terekam oleh kamera seorang warganet yang mengunggahnya di akun Twitter.

Baca juga: Kata Jokowi soal Dirinya Nyanyi Sewu Kutho Saat Didi Kempot Tampil..

Didi Kempot saat tampil di Istana Negara, Jumat (2/8/2019)ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras Didi Kempot saat tampil di Istana Negara, Jumat (2/8/2019)
Dalam video singkat itu, Jokowi yang didampingi sang istri, Iriana, tampak ikut menyanyi dan tertawa gembira menikmati penampilan Didi Kempot.

Layaknya seorang penggemar pada umumnya, Jokowi tanpa malu turut mengikuti syair lagu "Sewu Kutho" yang dibuat Didi Kempot bersama Arie Wibowo.

"Terpantau Bapak @ jokowi ikut menyanyikan lagu Sewu Kutho dengan sumringah. @didikempotid @Sobatambyarrr . hallo mas @kaesangp dan mas @Chilli_Pari," tulis akun @jarkiyo.

Baca juga: Jokowi Ikut Bernyanyi Sewu Kutho, Ini Makna di Balik Liriknya

Jarkiyo merupakan salah satu penggemar yang membuat wadah bagi penggemar Didi Kempot.

Unggahan warganet tersebut rupanya dibaca oleh Jokowi. Ia pun membalas twit tersebu melalui akun Twitter resminya, @jokowi.

"Hehe, Bapak saya penggemar Sewu Kutho," balas Jokowi.

Baca juga: Saat Presiden Jokowi Nikmati Lagu Sewu Kutho Milik Didi Kempot...

Balasan Presiden Jokowi terhadap videonya itu mendapat reaksi yang cukup besar dari para pengikut akun Twitter-nya. Menurut mereka, ini adalah kali pertama Jokowi membalas kicauan warganet yang menge-tag Jokowi.

Jokowi belakangan mengungkapkan, lagu "Sewu Kutho" itu mengingatkan pada perjalanannya sebagai presiden yang telah melewati semua kabupaten dan kota di Indonesia yang berjumlah 514.

"Sebetulnya bukan 'Sewu Kutho' (seribu kota) itu, 514 kota. Uwis tak liwati (Sudah aku lewati), itu 514 kota sudah kita datangi, begitu," ujar Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Duka Cita Saya untuk Keluarga Didi Kempot dan Sobat Ambyar

Mimpi jadi nyata

Sementara itu, Didi Kempot mengaku salah satu mimpinya untuk bernyanyi di Istana Negara sudah mewujud menjadi nyata.

“Alhamdulilah, akhirnya saya bisa bernyanyi di sini. Ini mimpi yang menjadi kenyataan. Saya bilang seperti itu di depan Presiden,” kata Didi Kempot saat dihubungi Kompas.com.

Sebelumnya, ia mengaku pernah tampil di Istana Bogor, tetapi untuk Istana Negara, kesempatan ini menjadi pengalaman pertama baginya di sepanjang berkarier dalam industri musik Tanah Air.

Penyanyi campursari, Didi Kempot saat cek sound sebelum acara program Rosi di Kompas TV di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (1/8/2019).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Penyanyi campursari, Didi Kempot saat cek sound sebelum acara program Rosi di Kompas TV di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Terlebih untuk tampil di hadapan Kepala Negara, Ibu negara, dan sejumlah petinggi negara lainnya, hal ini menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi pelantun tembang “Stasiun Balapan” itu.

"Itu suatu penghomatan yang tidak akan saya lupakan karena seorang Didi Kempot, mantan pengamen jalanan, bisa nyanyi di depan Istana Presiden,” ujarnya.

“Bahkan disaksikan langsung beliau yang terhormat Presiden kita bersama Ibu dan jajaran menteri Kabinet Kerja, dan tamu undangan terhormat. Suatu yang tidak disangka-sangka,” ia menambahkan.

Baca juga: Konser Amal dari Rumah, Konser Terakhir Didi Kempot

Meski harus bernyanyi di hadapan para pejabat penting negara, penyanyi berusia 52 tahun itu tidak merasa canggung atau grogi.

"Kalau grogi tidak, pekerjaan kita setiap hari. Pentas di atas panggung ya audiens beda. Pejabat negara, mungkin menambah semakin yakin bahwa Presiden kenal dengan budaya di republik ini, jadi kita semakin mantap saja," ucapnya.

Konser amal

Pada awal April 2020, Presiden kembali hadir di konser Didi Kempot. Namun, bedanya kali ini Presiden hadir secara virtual lewat video conference.

Didi Kempot juga menggelar konser secara virtual dari rumahnya.

Konser amal ini bertujuan menggalang dana untuk mengatasi dampak pandemi corona atau Covid-19 di Tanah Air.

Baca juga: Didi Kempot Meninggal, Ketua Umum PP Muhammadiyah Sampaikan Duka Cita

Jokowi pun menyambut baik langkah Didi Kempot menggelar konser amal yang bekerja sama dengan Kompas TV ini.

Apalagi, dalam konser tersebut, Didi Kempot menyelipkan pesan kepada Sobat Ambyar dan masyarakat Indonesia untuk tidak mudik ke kampung halaman Lebaran nanti.

"Mas Didi Kempot bagus sudah menganjurkan Sobat Ambyar untuk tidak mudik tahun ini. Saya tahu Sobat Ambyar ada di seluruh Indonesia," kata Jokowi melalui telewicara.

Baca juga: Jokowi, Covid-19, dan Hikayat Mudik

"Dalam situasi pandemi corona jiwa solidaritas, jiwa kebersamaan, budaya gotong royong kita diuji. Kita harus kedepankan kebersamaan, dan juga anjuran yang disampaikan banyak kepala daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh budaya untuk tidak mudik. Saya sangat mengapreasiasi untuk tidak mudik," kata Jokowi melanjutkan.

Baca juga: Bersama Didi Kempot, Kompas TV Salurkan Donasi Konser Amal kepada 5.000 KK

Presiden Joko Widodo tiba untuk melantik Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Manahan Sitompul di Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Manahan Sitompul kembali dilantik sebagai Hakim MK masa jabatan 2020-2025 setelah masa jabatannya sebagai Hakim MK pada periode sebelumnya habis pada 28 April 2020 lalu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/nzANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Presiden Joko Widodo tiba untuk melantik Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Manahan Sitompul di Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Manahan Sitompul kembali dilantik sebagai Hakim MK masa jabatan 2020-2025 setelah masa jabatannya sebagai Hakim MK pada periode sebelumnya habis pada 28 April 2020 lalu. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/nz
Kemudian, Presiden Jokowi meminta agar anjuran lain juga diikuti oleh masyarakat demi mengatasi penyebaran virus corona.

Baca juga: Jokowi, Covid-19, dan Hikayat Mudik

Anjuran tersebut adalah untuk menjaga jarak, tetap berada di rumah, dan penggunaan masker.

"Anjuran lain seperti jaga jarak, tetap berada di rumah, pakai masker, jaga kebersihan lingkungan karena itu semua upaya kita cegah Covid-19," kata Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi menyebut konser yang dilakukan oleh Didi Kempot sesuai dengan anjuran pemerintah, yakni dihelat di rumah.

Baca juga: Didi Kempot Konser Amal dari Rumah, Kumpulkan Rp 5,3 Miliar dan Dipuji Jokowi

Walaupun para penggemar tak bisa bertemu langsung dengan Didi Kempot, orang nomor satu di Indonesia itu yakin para Sobat Ambyar sudah puas dengan suguhan sang pelantun “Cidro” ini.

"Terima kasih, Mas Didi Kempot, memulai sesuatu yang baru, konser dari rumah. Ini sesuai anjuran pemerintah, bekerja dari rumah, belajar dan ibadah dari rumah. Dan Mas Didi Kempot tetap bertemu Sobat Ambyar meski dari televisi,” tutur Jokowi.

Hingga akhir Konser Amal dari Rumah, Didi Kempot berhasil mengumpulkan donasi lebih dari Rp 4,8 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Bantu Korban Gempa Cianjur, Guru PAI Beri Bantuan Rp 46 Juta

Bantu Korban Gempa Cianjur, Guru PAI Beri Bantuan Rp 46 Juta

Nasional
Kasus Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Wanita: Moeldoko Sebut Tak Ada Toleransi, Tersangka Ditahan

Kasus Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Wanita: Moeldoko Sebut Tak Ada Toleransi, Tersangka Ditahan

Nasional
[POPULER NASIONAL] Komentar Moeldoko soal Kasus Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Kostrad | Mayor Paspampres Ditahan di Pomdam Jaya

[POPULER NASIONAL] Komentar Moeldoko soal Kasus Perwira Paspampres Perkosa Prajurit Kostrad | Mayor Paspampres Ditahan di Pomdam Jaya

Nasional
Sidang Bharada E, Jaksa Hadirkan Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf Jadi Saksi

Sidang Bharada E, Jaksa Hadirkan Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf Jadi Saksi

Nasional
Relawan Jokowi Sodorkan Nama Capres, Immanuel Ebenezer: Ini Relawan atau Calo Ya?

Relawan Jokowi Sodorkan Nama Capres, Immanuel Ebenezer: Ini Relawan atau Calo Ya?

Nasional
Pengamat Nilai DPR Buru-buru Sahkan RKUHP demi Cegah Penolakan, Termasuk Demo

Pengamat Nilai DPR Buru-buru Sahkan RKUHP demi Cegah Penolakan, Termasuk Demo

Nasional
Pancasila sebagai Identitas Nasional

Pancasila sebagai Identitas Nasional

Nasional
UPDATE 4 Desember 2022: Kasus Covid-19 Bertambah 2.548, Jakarta Sumbang 1.056

UPDATE 4 Desember 2022: Kasus Covid-19 Bertambah 2.548, Jakarta Sumbang 1.056

Nasional
Cak Imin Kenang Doktrin Sang Ayah, agar Selalu Peduli pada Sesama

Cak Imin Kenang Doktrin Sang Ayah, agar Selalu Peduli pada Sesama

Nasional
Kepulauan Widi Dikabarkan Dilelang, Pemerintah Akan Evaluasi Izin PT LII

Kepulauan Widi Dikabarkan Dilelang, Pemerintah Akan Evaluasi Izin PT LII

Nasional
Kritik Pasal Penghinaan Pemerintah di RKUHP, Pakar: Akan Buat Nyaman Presiden dan Semua Lembaga Negara

Kritik Pasal Penghinaan Pemerintah di RKUHP, Pakar: Akan Buat Nyaman Presiden dan Semua Lembaga Negara

Nasional
Gunung Semeru Erupsi, Megawati Instruksikan Kader PDI-P Tanggap Darurat Bencana dan Bantu Korban Terdampak

Gunung Semeru Erupsi, Megawati Instruksikan Kader PDI-P Tanggap Darurat Bencana dan Bantu Korban Terdampak

Nasional
RKUHP Segera Disahkan, Pakar Hukum Tata Negara: Banyak yang Masih Kacau

RKUHP Segera Disahkan, Pakar Hukum Tata Negara: Banyak yang Masih Kacau

Nasional
Dukung Anies Capres, Laskar AMAN Bakal Awasi dan Tolak Kampanye Hitam di Pilpres 2024

Dukung Anies Capres, Laskar AMAN Bakal Awasi dan Tolak Kampanye Hitam di Pilpres 2024

Nasional
PKB Klaim Tak Tahu Siapa yang Minta Cak Imin Mundur dari Capres 2024

PKB Klaim Tak Tahu Siapa yang Minta Cak Imin Mundur dari Capres 2024

Nasional
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.