Kompas.com - 08/04/2020, 19:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 58 jemaah umrah asal Indonesia yang sempat tertahan kepulangannya di Arab Saudi, akan diterbangkan ke Tanah Air.

Mereka dijadwalkan terbang ke Indonesia pada Kamis (9/4/2020) besok.

Adapun para jemaah ini tertahan karena adanya kebijakan lockdown yang diberlakukan pemerintah Saudi selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Pulang Umrah Batuk dan Sesak Nafas, Perempuan Berusia 64 Tahun Diisolasi

"Setelah melalui proses registrasi, terdata hingga saat ini ada 58 jemaah umrah Indonesia yang akan ikut program pemulangan yang digagas Deputi Umrah Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi," kata Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (8/4/2020).

Endang mengatakan, seluruh biaya pemulangan ditanggung Pemerintah Arab Saudi.

Ia menyebut bahwa 58 jemaah ini akan terbang dengan Saudia Airline. Mereka bakal terbang pada pukul 08.35 waktu Arab Saudi dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

“Sebelum terbang, mereka akan ditransitkan terlebih dahulu oleh Muassasah Travel untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

Saat ini, seluruh jemaah masih berada di hotel masing-masing. Endang merinci, sebanyak 14 orang ada di Jeddah, 38 orang ada di Mekah, dan enam jemaah di Madinah.

Baca juga: 8 Kebijakan Arab Saudi Mengatasi Corona: Penangguhan Umrah hingga Penutupan Penerbangan Internasional

Mereka diberangkatkan oleh 16 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah atau PPIU.

Endang menambahkan, saat ini masih ada empat jemaah yang belum bisa ikut program pemulangan karena masih dirawat di rumah sakit.

Keempatnya masih menjalani perawatan dan belum mendapat surat izin layak terbang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.