Panglima TNI Sambut Satgas yang Bantu Padamkan Karhutla di Australia

Kompas.com - 06/03/2020, 12:09 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan piagam kepada tiga personel Satgas Garuda RI yang berlangsung di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (6/3/2020). KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYAPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan piagam kepada tiga personel Satgas Garuda RI yang berlangsung di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyambut Satuan Tugas (Satgas) Garuda RI yang selama 27 hari terakhir membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Australia.

"Saya ucapkan selamat datang dan selamat kembali di Tanah Air kepada seluruh prajurit anggota Satgas," ucap Marsekal Hadi dalam sebuah seremoni di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

"Saya bangga karena para prajurit telah melaksanakan tugas dengan baik," lanjut dia.

Baca juga: Kebakaran Telah Melahap Seperlima Hutan di Australia

Panglima TNI kemudian menyerahkan piagam penghargaan kepada satu per satu anggota Satgas Garuda RI.

Ia menyebut, apresiasi terhadap kinerja Satgas Garuda RI tidak hanya datang dari dalam negeri, melainkan juga dari pemerintah Australia.

Panglima TNI menyebut, Panglima Angkatan Bersenjata Australia General Angus Campbell berkomunikasi dengan dirinya langsung dan menyampaikan apresiasi atas kerja-kerja Satgas Garuda RI.

"Panglima Angkatan Bersenjata Australia sendiri yang menyampaikan kepada saya, apresiasi dan penghargaan beliau kepada seluruh personel TNI dan BNPB yang terlibat," kata Hadi.

Baca juga: Saat Jokowi Singgung Avengers End Game di Depan Parlemen Australia...

Apresiasi juga disampaikan Duta Besar Australia untuk Indonesia. Sang Dubes mengatakan, Australia sangat menghargai bantuan tenaga dari Satgas Garuda RI.

"Perdana Menteri Australia juga mengutarakan langsung rasa terima kasih atas keterlibatan satgas ini kepada Presiden Joko Widodo saat kunjungan Presiden ke Australia bulan lalu. Hal itu juga diutarakan Perdana Menteri Scott Morrison di hadapan Parlemen Australia," ungkap Hadi.

Diketahui, Satgas Garuda RI terbang ke Negeri Kanguru dalam melaksanakan misi pada Sabtu (1/2/2020).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X