Menkominfo Imbau Masyarakat Akses Informasi soal Virus Corona dari Sumber Resmi

Kompas.com - 28/01/2020, 16:54 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat meninjau persiapan Indonesia Pavilion pada gelaran WEF 2020. Dok. KemkominfoMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat meninjau persiapan Indonesia Pavilion pada gelaran WEF 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengimbau masyarakat agar mengakses informasi seputar virus corona dari sumber institusi resmi pemerintah.

Kendati di Indonesia belum ditemukan adanya sebaran virus corona, namun ia meminta masyarakat lebih cerdas dalam menerima dan menyebarkan informasinya.

"Saya tentu sangat berharap agar masyarakat mengacu kepada institusi dan informasi yang disampaikan oleh pemerintah secara resmi dalam rangka pencegahan dan penanganan virus ini," ujar Plate seusai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait kesiapsiagaan dan antisipasi virus corona di Kantor Menko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Ini Nomor Layanan Informasi Kemenkes Terkait Virus Corona

Tidak hanya itu, Plate juga meminta kepada masyarakat untuk menggunakan media sosial dengan bijak.

Ia berharap agar masyarakat bisa memilah informasi dengan baik sebelum disebarkan.

"Dengan sangat hormat minta kepada masyarakat untuk secara cerdas menggunakan instrumen-instrumen digital, perangkat media sosialnya untuk memilah informasi sebelum itu diteruskan," ujar Plate.

Baca juga: Wabah Virus Corona, WHO: Tak Perlu Evakuasi Warga Asing dari Wuhan

Setidaknya hingga Selasa (28/1/2020), sebanyak 106 orang dinyatakan meninggal dunia lantaran virus yang masih satu keluarga dengan MERS dan SARS ini.

Selain itu, 16 negara telah mengonfirmasi penemuan kasus yang disebabkan virus corona di wilayahnya.

Ke-16 negara tersebut yakni China, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Vietnam, Singapura, Malaysia, Nepal, Perancis, Australia, Kanada, Jerman, Taiwan, Sri Lanka, dan Kamboja.

Sementara itu, lebih dari 4.515 orang lain terkonfirmasi positif terinfeksi virus ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X