Menag Tegaskan Teks Khotbah Jumat Tak Diatur Pemerintah

Kompas.com - 22/01/2020, 14:11 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi di UMY Kamis (12/12/2019) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOMenteri Agama Fachrul Razi di UMY Kamis (12/12/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan, pihaknya tidak berencana mengatur teks khotbah Jumat di masjid-masjid.

Ia sekaligus membantah telah menginstruksikan jajarannya untuk mengatur dan menyusun teks khotbah Jumat.

"Enggak ada (rencana mengatur khotbah Jumat). Apakah kami akan ubah? Saya enggak pernah bilang untuk mengubah kok," kata Fachrul di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Baca juga: Perangi Konten Negatif, Kominfo Gandeng BMKG hingga Kementerian Agama

Hal ini disampaikan Menteri Agama menanggapi pemberitaan di sejumlah media bahwa Kementerian Agama Kota Bandung berencana mengatur teks kutbah Jumat.

Fachrul menegaskan bahwa rencana itu bukan merujuk pada instruksinya.

Fachrul mengaku, hanya bercerita pengalaman selama kunjungan kerja ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu kepada jajarannya.

Baca juga: Kementerian Agama Siapkan Program Sertifikasi Dai

Ia bercerita bahwa kutbah salat Jumat di dua negara tersebut menggunakan teks yang telah disiapkan pemerintah.

Namun, mantan Wakil Panglima TNI itu menyebut, tidak ada rencana Kementerian Agama untuk menerapkan apa yang sudah berjalan di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

"Saya cerita apa yang ada di Saudi, Emirat Arab, apa yang ada di negara-negara Arab, belum pernah berpikir mengubah-mengubah," ujar Fachrul Razi. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X