Hari Kedua Rakernas, 26 Kader PDI-P Kena Sanksi Disiplin

Kompas.com - 11/01/2020, 20:51 WIB
Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menjawab pertanyaan wartawan di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP di Jakarta, Jumat (10/1/2020). Hasto membantah isu dirinya dijemput tim KPK di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) terkait kasus suap yang menjerat kader PDIP Harun Masiku dan Komisioner non aktif KPU Wahyu Setiawan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.
  *** Local Caption *** 
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRASekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menjawab pertanyaan wartawan di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP di Jakarta, Jumat (10/1/2020). Hasto membantah isu dirinya dijemput tim KPK di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) terkait kasus suap yang menjerat kader PDIP Harun Masiku dan Komisioner non aktif KPU Wahyu Setiawan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz. *** Local Caption ***

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa selama gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, sudah ada 26 kader yang kena sanksi.

Mereka dihukum karena tidak menaati peraturan Rakernas yang ditetapkan partai.

"Hari ini ada 26 kader PDI-P yang diberikan sanksi karena tidak menjalankan perintah itu di dalam disiplin partai," kata Hasto di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

Baca juga: Jokowi hingga Para Menteri Hadiri Rakernas PDI-P

Hasto menyebutkan salah satu pelanggaran yang umum dilakukan para kader adalah merokok di luar ruangan ketika ada rapat.

"Ada yang merokok di luar pada saat acara, ada yang kemudian terlalu asyik di tempat lain," kata Hasto.

Hasto mengatakan partai memberikan sanksi berupa teguran lisan.

Sebagai bukti kader mendapatkan teguran, kartu tanda peserta mereka dilubangi.

"Peringatan lisan dulu, dan ID card dikasih tanda, dilubangi," ucap Hasto.

"Ada yang lubangnya dua karena ada yang memprovokasi pada saat antrean. Padahal menjadi kader partai juga harus siap, tidak hanya jadi pemimpin, tapi juga siap menjadi pengikut," imbuh dia.

Baca juga: Saat Prabowo Dapat Sambutan Meriah di Rakernas PDI-P...

Rakernas I PDI-P kali ini sekaligus peringatan HUT ke-47.

Rakernas digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, sejak 10 Januari hingga 12 Januari 2020.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X