Mahfud MD: Gus Dur Orang yang Cerdik, Selalu Saja Ada Alasan

Kompas.com - 16/12/2019, 12:54 WIB
Mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang juga Ketua Umum Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa menjawab pertanyaan di Kantor PBNU, Jakarta, Jumat (29/7/2005). Gus Dur bersama sejumlah tokoh lintas agama membentuk Aliansi Masyarakat Madani untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan, ia meminta Mahkamah Agung segera menggelar sidang mengenai Ahmadiyah. KOMPAS/AGUS SUSANTOMantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang juga Ketua Umum Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa menjawab pertanyaan di Kantor PBNU, Jakarta, Jumat (29/7/2005). Gus Dur bersama sejumlah tokoh lintas agama membentuk Aliansi Masyarakat Madani untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan, ia meminta Mahkamah Agung segera menggelar sidang mengenai Ahmadiyah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut bahwa residen keempat RI Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur merupakan orang genius.

Sebab, kata Mahfud, Gus Dur selalu memiliki alasan yang mendasari setiap pernyataan maupun sikapnya.

Hal tersebut disampaikan Mahfud ketika ditanya pandangannya mengenai sosok Gus Dur dalam wawancara eksklusif dengan Kompas.com pada 5 Desember 2019.

"Dia industri alasan. Pembuat alasan paling piawai," kata Mahfud.

Baca juga: Sosok Gus Dur di Mata Mahfud MD...

Menurut Mahfud, Gus Dur merupakan orang cerdik dan genius yang selalu memiliki alasan dari berbagai hal.

Bahkan, alasan yang dikemukakan Gus Dur pun selalu kuat.

"Kalau mengatakan ini alasannya kuat. Genius. Cerdik. Orang yang cerdik setiap yang dia katakan selalu ada saja alasan," ujar Mahfud.

Baca juga: Cerita Mahfud MD Saat Menawar Jabatan Menteri ke Gus Dur

Adapun di era kepemimpinan Gus Dur, Mahfud pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman dan HAM serta Menteri Pertahanan.

Mahfud MD dikenal menjadi salah satu kepercayaan cucu dari pendiri NU Hasyim Asy'ari itu. Meski Gus Dur dikenal sebagai presiden yang kerap merombak kabinet, Mahfud kerap bertahan.

Mahfud sempat mengalami perombakan. Namun ketika itu, Mahfud tidak dicopot dari jabatan sebagai menteri pertahanan, tetapi digeser sebagai menteri hukum dan perundang-undangan.

Baca juga: Mahfud MD Ikut Dampingi Istri Gus Dur Bertemu Maruf Amin

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga diketahui dekat dengan keluarga Gus Dur. Bahkan ia mengaku sebagai murid Gus Dur dan "anak ideologis" Nahdlatul Ulama (NU).

Mahfud sempat mendampingi istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid, saat bertemu Ma'ruf Amin di kediaman keluarga Gus Dur, kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018). Saat itu Ma'ruf Amin masih berstatus sebagai calon wakil presiden.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X