Mahfud MD Pimpin Rapat untuk Atasi Kebakaran Hutan, Undang Kepala Daerah

Kompas.com - 06/12/2019, 09:11 WIB
Kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, pada Agustus 2019 lalu. KOMPAS.com/IDONKebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, pada Agustus 2019 lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menggelar Rapat Koordinasi Khusus Tingkat Menteri untuk membahas pengendalian kebakaran hutan dan lahan pada 2020.

Rapat digelar di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jumat (6/12/2019).

Rakorsus tersebut dihadiri sejumlah menteri, mulai dari Menteri LHK Siti Nurbaya sebagai tuan rumah, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Munardo.

Adapun rakorsus tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan diikuti oleh peserta dari berbagai instansi.

Baca juga: Kepala BNPB Sebut Ada 2 Penyebab Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan

Sekitar pukul 08.40 WIB, rakorsus tersebut dimulai dan dinyatakan tertutup.

Dalam kesempatan itu, sejumlah kepala daerah dari wilayah-wilayah yang terdampak kebakaran hutan lahan juga turut hadir.

Rakorsus soal karhutla itu sendiri merupakan tindak lanjut dari pertemuan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dengan Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jumat (29/11/2019) lalu.

Dalam pertemuan itu, dibahas persiapan rapat koordinasi antarkementerian dan lembaga untuk mengatasi karhutla.

"Pak Menko Polhukam merencanakan kita akan adakan rapat koordinasi khusus dengan pusat dan daerah secara teknis untuk melihat kebijakan-kebijakan apa yang harus dilakukan untuk (mengatasi karhutla) 2020," ujar Siti di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat.

Diketahui, pada Oktober 2019 ini sejumlah wilayah terkena karhutla dan menyebabkan kabut asap.

Wilayah itu antara lain di Sumatera, Riau dan Kalimantan. Sejauh ini sudah terdapat 25 perusahaan yang menjadi tersangka karhutla sepanjang 2019 ini dan telah ditetapkan oleh kepolisian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X