Demokrat Sambut Baik Ajakan Petinggi PKS Bertemu SBY

Kompas.com - 20/11/2019, 08:07 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2019) KOMPAS.com/HaryantipuspasariSekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan, partainya menyambut positif ajakan Presiden PKS Sohibul Iman untuk melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kendati demikian, kata Hinca, pertemuan dengan para petinggi PKS belum bisa terlaksana karena belum terjadwal.

"Komunikasi dan kerjasama antar Parpol sahabat itu baik untuk kepentingan bangsa. Setiap saat kami berdialog, sesama kader dan juga sesama sekjen. Hanya saja untuk pertemuan PD dan PKS sampai saat ini belum ada jadwal. Kita mengalir saja," kata Hinca saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/11/2019).

Baca juga: Presiden PKS: Kapan Saja Pak SBY Siap, Kami Akan Datang

Terkait dengan pertemuan para petinggi PKS dan Partai Berkarya, Hinca mengatakan, pihaknya menghormati komitmen kedua partai untuk berada di luar pemerintahan.

"Kita hormati sikap dan kerjasama keduanya untuk melakukan yang terbaik," ujarnya.

Ketika ditanya apakah Partai Demokrat akan menyusul PKS dan Partai Berkarya menjadi parpol di luar pemerintahan. Hinca mengatakan, partainya belum merencanakan hal tersebut.

Baca juga: Gara-gara Pilpres Masyarakat Terbelah, Demokrat: Bukan Alasan Presiden Kembali Dipilih MPR

 

Menurut Hinca, partainya memiliki cara kerja politik sendiri. Ia mengatakan, setiap kebijakan pemerintah yang baik bagi rakyat pasti diberikan dukungan.

Sementara itu, pihaknya tetap melontarkan kritik jika kebijakan pemerintah menyimpang dari kepentingan rakyat.

"Partai Demokrat belum ada rencana untuk itu, kami punya cara melakoni kerja politik kami: yang sudah baik untuk kepentingan rakyat tentu kami dukung, dan sebaliknya yang belum baik untuk rakyat kami kritisi, agar makin baik," pungkasnya.

Baca juga: Demokrat: SBY Segera Sampaikan Sikap Politik Partai

Sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menuturkan, partainya akan melanjutkam komunikasi politik dengan partai-partai yang saat ini berada di luar pemerintahan.

Setelah bertemu sejumlah petinggi Partai Berkarya, PKS juga akan bertemu dengan elite Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

"Kita setelah ini juga akan berkomunikasi dengan partai lain terutama yang paling dekat ya dengan PAN dan Demokrat," ujar Sohibul di kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Baca juga: Gerindra dan Demokrat Diharapkan di Luar Pemerintahan

Menurut Sohibul, Partai Demokrat telah memberikan sinyal ketua umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ingin bertemu petinggi PKS.

Ia mengatakan dirinya telah menyanggupi undangan tersebut, namun Sohibul tidak menyebutkan secara spesifik mengenai pertemuan tersebut.

"Tadi saya dapat laporan dari PKS muda kita karena mereka juga berkomunikasi dengan teman-teman mudanya Demokrat. Dari pihak sana ada yang menanyakan PKS kapan mau berkunjung ke Pak SBY," kata Sohibul.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X