Tidak Semua Masyarakat Indonesia Punya Kesadaran Bencana Rendah

Kompas.com - 19/11/2019, 11:31 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo KOMPAS.COM/DANI PRABOWOKepala BNPB Doni Monardo
Penulis Dani Prabowo
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Doni Monardo mengatakan, tidak semua bencana besar yang terjadi di Tanah Air menimbulkan korban, baik korban jiwa maupun luka-luka.

Hal itu disampaikan Doni Monardo saat bertandang ke Menara Kompas, Jakarta, Senin (19/11/2019) sore.

Menurut dia, ada sejumlah daerah di Indonesia yang masyarakat dan pemerintah daerahnya memiliki kesiapan tinggi dalam menghadapi bencana. Misalnya, wilayah Kabupaten Konawe dan Konawe Utara di Sulawesi Tenggara.

Pada saat perayaan Idul Fitri 2019 lalu, banjir melanda wilayah ini. Ratusan rumah hanyut dan ribuan lainnya terendam selama berminggu-minggu akibat adanya penumpukan sedimen lumpur.


Padahal, di wilayah tersebut sebelumnya belum pernah terjadi banjir separah itu.

"Saya sempat terbang dari Kendari ke Konawe lalu ke Konawe Utara. Memang luas tutupan yang digunakan oleh tambang itu tidak besar, tapi ternyata hampir semua muara sungai terjadi pendangkalan akibat sedimen pengambilan tambang," kata Doni.

Baca juga: Kepala BNPB: Gempa dan Tsunami Bencana yang Berulang

Setelah melaporkan informasi tersebut kepada Presiden Joko Widodo, akhirnya tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turun untuk mengeruk tumpukan sedimen yang ada di sungai.

Sehingga, air yang tadinya menggenangi rumah warga kembali mengalir ke sungai.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Hal itu tidak terlepas dari peran aktif bupati yang terus menerus meminta masyarakat yang mengungsi untuk tidak kembali ke rumahnya masing-masing untuk sementara waktu.

"Dia (Bupati) bahkan menugaskan kepala desa untuk terus mengingatkan masyarakat. Dan masyarakat yang tidak disipilin mereka dihukum naik pohon," ucap dia.

Baca juga: BNPB Siapkan Program Khusus untuk Berdayakan Korban Gempa Maluku

Doni pun mengapresiasi ketegasan sikap bupati dalam mencegah timbulnya korban dari masyarakat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X