Fachrul Razi Jabat Menag, PPP Kaitkan dengan Penusukan Wiranto

Kompas.com - 24/10/2019, 17:05 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10/2019). KOMPAS.com/HaryantipuspasariWakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) Achmad Baidowi mengatakan, penunjukan Fachrul Razi dari kalangan militer sebagai Menteri Agama punya tujuan tersendiri. Hal ini berkaitan dengan upaya deradikalisasi.

Baidowi menyebut, salah satu peristiwa yang menunjukan rentannya aktivitas kelompok radikal ialah penusukan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, baru-baru ini.

"Sebenarnya beberapa waktu terakhir kita cukup dikagetkan dengan penusukan Menko Polhukam Pak Wiranto. Ternyata setelah ditelusuri, pelaku terafiliasi kepada kelompok-kelompok radikal yang mengarah ke aksi terorisme," kata Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: PPP Sarankan Jokowi Tunjuk Wakil Menteri Agama untuk Dampingi Fachrul Razi


Menurut Baidowi, setelah ditelusuri, akar radikalisme tersebut sendiri adalah pemahaman seseorang terhadap keagamaan.

Mereka yang terpapar paham radikal umumnya hanya merujuk kepada norma-norma agama yang sifatnya konfrontatif.

"Ayat-ayat peranglah, ataupun hadits-hadits yang merujuk kepada peperangan, padahal situasi serta kondisinya berbeda pada saat ini," ujar Baidowi.

Baca juga: Wasekjen PPP: Penunjukan Fachrul Razi sebagai Menag Cukup Mengagetkan

Baidowi melanjutkan, meskipun Fachrul Razi datang dari kalangan militer, dalam perjalanannya, ia kerap mengisi kegiatan-kegiatan keagamaan, baik itu di lingkungan ketentaraan, kedinasan, maupun organisasi masyarakat.

Fachrul kerap menyampaikan pidato yang sifatnya mengajak toleransi, menghargai pluralisme serta semangat keagamaan. Paham seperti itulah yang nantinya akan diluruskan oleh Fachrul.

"Itu yang harus diluruskan, Pak Fachrul Razi rupanya punya pengalaman seperti itu," kata Baidowi. 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X