Lobi 10 Jam dan Andil Prabowo-Megawati dalam Pemilihan Ketua MPR...

Kompas.com - 04/10/2019, 13:37 WIB
Suasana pelantikan Pimpinan MPR periode 2019-2024 di ruang rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Sidang Paripurna tersebut menetapkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024 dengan Wakil Ketua, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai Nasdem, Jazilul Fawaid dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Syarief Hasan dari Fraksi Partai Demokrat, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Arsul Sani dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan Fadel Muhammad dari Kelompok DPD di MPR. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDISuasana pelantikan Pimpinan MPR periode 2019-2024 di ruang rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Sidang Paripurna tersebut menetapkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024 dengan Wakil Ketua, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai Nasdem, Jazilul Fawaid dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Syarief Hasan dari Fraksi Partai Demokrat, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Arsul Sani dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan Fadel Muhammad dari Kelompok DPD di MPR.
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Butuh waktu sekitar 10 jam sebelum Fraksi Partai Gerindra akhirnya bersepakat mengusung politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Dalam Rapat Gabungan antara perwakilan sembilan fraksi dan kelompok Dewan Perwakilan Daerah, hanya Fraksi Partai Gerindra yang masih ngotot mencalonkan sekjen partainya, Ahmad Muzani.

Sementara, Bambang Soesatyo sudah mengantongi dukungan dari delapan fraksi dan kelompok DPD.

Sejak Rapat Gabungan yang digelar pukul 10.00 hingga pukul 20.00 WIB Rapat Paripurna Penetapan Pimpinan MPR, sikap Fraksi Partai Gerindra belum berubah.

Baca juga: Ahmad Muzani Tetap Ngotot Ketua MPR dari Gerindra

Lobi dan konsultasi antara elite partai politik dilakukan.

Muzani sempat bertolak ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, seusai menghadiri rapat gabungan.

Ia meminta pendapat Prabowo terkait hasil rapat gabungan sekaligus menyampaikan pendapatnya terkait rapat tersebut.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga ikut menemani Muzani bertemu Prabowo.

Baca juga: Bamsoet Didukung Penuh Jabat Ketua MPR, Muzani Mengadu ke Prabowo

Saat Rapat Paripurna MPR dimulai, Partai Gerindra masih belum juga mengubah sikap. Penetapan Ketua MPR terancam dilakukan melalui mekanisme voting.

Sejumlah pimpinan fraksi melontarkan interupsi, meminta agar rapat paripurna diskors untuk memberikan kesempatan Fraksi Partai Gerindra menyelesaikan konsultasi.

Dengan begitu penetapan Ketua MPR tetap melalui musyawarah. Permintaan itu dikabulkan oleh pimpinan rapat Abdul Wahab Dalimunthe.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X